Selasa, 23/04/2024 - 13:03 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

HIBURAN

25 Tahun Kematian Putri Diana : Kronologi Menit ke Menit Kecelakaan Maut Sang Putri – BAGIAN 1

ADVERTISEMENTS

BANDA ACEH – Putri Diana tewas akibat kecelakaan maut pada 31 Agustus 1997. Mobil Mercedes Benz S-280 yang ditumpangi Puri Diana dan kekasihnya, Dody Al Fayed, menabrak pilar di terowongan Pont de l’Alma, Paris, Prancis, ketika berusaha menghindar kejaran paparazi. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Momen kecelakaan naas Putri Diana hingga dimakamkan kerap dianggap sebagai sepekan paling mengagetkan dan menyedihkan. Adapun acara pemakaman Diana ditonton miliaran pasang mata. Ini menjadikan event tersebut sebagai salah satu peristiwa yang paling banyak ditonton dalam sejarah televisi. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Berikut adalah rangkuman menit ke menit kecelakaan hingga meninggalnya Putri Diana. Kronologi ini dirunut oleh Jonathan Mayo untuk laman TMZ.com. 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Sabtu, 30 Agustus, Pukul 08:00 (waktu Eropa tengah)

ADVERTISEMENTS

Kapal pesiar milik Dodi AL Fayed Jonikal berlabuh di Cala di Volpe di Sardinia, Italia. Ini hari kesembilan mereka berada di yacht mewah seharga ratusan miliar. Di jam ini, Diana dibawakan sarapan buah segar dan jus jeruk oleh pelayan Dodi, Rene Delorm. Diana kemudian memberi tahu Rene sangat merindukan kedua putranya, William dan Harry. 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Di yatch yang sama, dua pengawal Al Fayed, Trevor Rees-Jones dan mantan tentara Angkatan Laut Kerajaan Inggris Kez Wingfield, bersiap-siap untuk penerbangan ke Paris. Mereka baru mengetahui rencana tersebut malam sebelumnya dan hanya punya sedikit waktu untuk mengatur keamanan Dodi dan Diana.

Berita Lainnya:
Heboh Video Raffi Ahmad Disatroni Polisi Diduga Kecipratan Uang Korupsi Rp 271 Triliun, Ini Faktanya

Pukul 09:30

Di Paris, kepala keamanan Hotel Ritz, Henri Paul, sedang dalam perjalanan bermain tenis dengan rekannya, Claude Garrec. Paul dalam suasana hati yang baik. Dua hari sebelumnya ia lulus penilaian medis tahunan pilotnya. Dia memberi tahu Claude bahwa pasangan Diana dan Dodi Al Fayed akan tiba di bandara Le Bourget sore itu dan diberi tugas menjemput mereka.  

Pukul 11.00

Putri Diana menelepon sahabatnya, Susie Kassem, dan mengatakan tak sabar pulang ke Inggris. Mereka membuat janji untuk bertemu di London pada hari Senin pekan berikutnya.

Tengah Hari

Diana dan Dodi Al Fayed beserta rombongan menuju Bandara Olbia, Sardinia. Di sana pesawat jet pribadi Gulfstream milik Dodi sudah menunggu. Di rombongan tersebut ada Myriah Daniels, wanita yang telah menjadi tukang pijat Dodi selama enam tahun. 

Pukul 13:50

Pesawat jet akhirnya lepas landas. Dodi dan Diana duduk di kursi mewah di depan. Mereka berpegangan tangan dan berbicara tanpa henti selama penerbangan.

Pukul 15.20

Pesawat Gulfstream mendarat di Le Bourget, Prancis. Kedutaan Besar Inggris tidak tahu Diana akan datang, jadi tidak ada pengamanan ekstra untuk sang Putri.

Menunggu di dekat pesawat, mobil Range Rover dan Mercedes Benz. Sopir reguler Dodi, Philippe Dourneau, ada didekat mobil tersebut. Henri Paul juga hadir. Dourneau sempat terkejut karena belum pernah melihat Paul mengemudi untuk keluarga Al Fayed sebelumnya. Sebelum pesawat yang ditumpangi Dodi dan Diana mendarat, Dourneau sempat menunjukkan kepadanya cara mengoperasikan kontrol mobil Range Rover.

Berita Lainnya:
Film Superhero DC yang akan 'Tinggalkan' Netflix, Apa Saja?

Putri Diana dan Dodi Al Fayed. (Istimewa)

Pukul 15:40

Dua mobil tersebut meninggalkan Le Bourget. Mobil Mercedes Putri Diana dan Dodi kemudian di kelilingi banyak motor yang ditumpangi para paparazi. Ini adalah pengalaman pertama Dodi melihat paparazi dari dekat dan dia tidak menyukainya. Dia memberi tahu Dourneau untuk menghindari mereka. Dourneu kemudian membawa mobil keluar dengan cepat ke jalan lingkar Paris. Diana memuji mengemudinya.

Adapun mobil Range Rover dikemudikan Henri Paul. Mobil tersebut lalu diminta membawa barang Diana dan Dodi ke apartemen Dodi di Rue Arsène Houssaye, tempat pasangan itu akan bermalam.

Pukul 15:47

Dodi dan Diana tiba di Villa Windsor di Route du Champ d’Entraînement. Tempat itu bekas rumah tinggal Duke dan Duchess of Windsor. Duke of Windsor, Raja Edward VIII, adalah mantan Raja Inggris. Saat mundur ia menyerahkan takhta kepada adiknya, Albert. Saat menjadi raja, Albert menyandang gelar Raja George VI. George VI adalah ayah dari Ratu Elizabeth II. 

Adapun Keluarga Al Fayed telah menyewa tempat itu selama 100 tahun dan Mohamed, ayah Dodi, menyuruh Dodi untuk menunjukkan rumah itu kepada Diana. 

x
ADVERTISEMENTS
1 2 3

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi