Sabtu, 18/05/2024 - 02:24 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Jelang Lengser, Jokowi Atur Posisi Kaesang hingga Erina Gudono?

Jelang Lengser, <a href=Jokowi Atur Posisi Kaesang Hingga Erina Gudono?” border=”0″ data-original-height=”327″ data-original-width=”582″ loading=”lazy” src=”https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhwhKYvpRmiYotLDm_dIa1UZkNqNAx9iCW6AbqrBBhlG11aFBS5U7vy31Fz4QN8OG-UNRT3NbsXsjLH8VMKKnvGE7-qJOe9RSp7K4VNCNN3XHuit0NekFIIPoq1mr_Dd1xPJbU8tLD-RJArSBS0ccROM7jDovDlhBaKtHFwTpZevjXGSURZLIKQO4ak13gX/s16000-rw/,v0-do.jpeg”/>BANDA ACEH – Baru saja isu Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep maju dalam kontestasi Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada 2024 kian menguat, kali ini wacana serupa diarahkan kepada istrinya, Erina Gudono.Istri putra bungsu Presiden Joko WIdodo yang berusia 27 tahun itu dikabarkan masuk dalam bursa calon kepala daerah Sleman yang diusulkan oleh Dewan Perwakilan Cabang (DPC) Partai Gerindra Kabupaten Sleman.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

Apalagi, DPC Gerindra Sleman memang sudah mulai memanasi mesin Politik dalam menyongsong Pilkada Kabupaten Sleman.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Namun, rencananya DPC Gerindra akan mengusulkan HR Sukaptana sebagai bakal calon (balon) Bupati Sleman mendatang. Hal itu diungkapkan Sekretaris DPC Gerindra M Arif Priyo Susanto.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses ada Pelantikan Direktur PT PEMA dan Kepala BPKS

Pasalnya, dalam Pilkada nanti, DPC Gerindra akan mengutamakan kader internal terlebih dahulu. Salah satu yang memenuhi kriteria adalah Ketua DPC Gerindra HR Sukaptana.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

“HR Sukaptana merupakan kader senior yang sudah berpengalaman. Bahkan sudah menjabat wakil pimpinan DPRD Kabupaten Sleman selama dua periode. Tentu itu modal yang besar untuk diusung menjadi Calon Bupati Sleman,” kata Arif, Selasa (5/3/2024) seperti dilansir laman resmi Partai Gerindra.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Dia menegaskan kembali bahwa DPC Gerindra Sleman masih akan mengutamakan kader internal untuk diusulkan sebagai calon kontestan Pilkada 2024 ke DPP Gerindra. Kendati begitu, Arif mengatakan DPC Gerindra Sleman tetap akan mencermati situasi dan kondisi politik ke depan. 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
Menko PMK: Lulusan Vokasi Sangat Dibutuhkan Dunia Industri

“Kami harus melihat peta politik di Sleman nanti seperti apa? Tapi kalau bisa ya kami usulkan kader internal ke DPP,” ucap Arif.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Sepekan berlalu. Arif pun mengungkapkan nama Erina Gudono masuk dalam bursa calon kepala daerah Sleman. Kendati bukan kader partai, finalis Puteri Indonesia 2022 itu berpotensi untuk berpasangan dengan Ketua DPC Gerindra Sleman HR Sukaptana.

ADVERTISEMENTS

RESPONS DPP GERINDRA

Riuhnya wacana menantu Presiden Jokowi maju ke Pilkada Sleman 2024 itu pun ditanggapi oleh Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman.

ADVERTISEMENTS

Dia menegaskan bahwa isu yang menguat dalam pemberitaan sejumlah media itu merupakan pernyataan DPC Gerindra Sleman. Hal itu, jelasnya, wajar sebagai usulan DPC yang nantinya akan diajukan kepada Dewan Pengurus Pusat (DPP) Gerindra, melalui Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Gerindra DI Yogyakarta.

“Mekanismenya pencalonan kepala daerah di kami adalah DPC bisa mengajukan, bisa mengusulkan aspirasi mereka melalui DPD lalu akan dibahas di DPP,” ungkapnya, saat diwawancara secara langsung oleh salah satu stasiun televisi.

Anggota DPR RI dari Fraksi Gerindra itu menjelaskan, DPP Gerindra nantinya akan membahas alasan-alasan di balik pencalonan sosok yang diajukan oleh DPC. Keputusan final, jelasnya, akan menjadi hak dari Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Berita Lainnya:
Jokowi Diminta Perhatikan Nasib Ribuan Karyawan Polo Ralph Lauren

Yang pasti, kata Habiburokhman, DPP Gerindra belum menerima usulan nama calon kepala daerah Sleman dari DPC Gerindra secara resmi. 

“Kami belum menerima secara resmi di DPP pengajuan tersebut,” ungkapnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari pemberitaan media, Habiburokhman mengungkapkan setidaknya ada tiga hal yang menjadi alasan DPC Gerindra Sleman mengajukan Erina Gudono sebagai calon di Pilkada 2024.

Pertama, Erina merupakan tokoh muda yang mempunyai kapasitas. Kedua adalah terkait kinerja sebab selama ini Erina bersama keluarganya dinilai ikut berpartisipasi dan bekerja memenangkan Prabowo dan Gibran dalam Pemilu 2024.

Ketiga, Erina merupakan tokoh perempuan. Faktor ini, jelasnya, bisa menjadi pendukung sebab Gerindra secara umum punya kebijakan untuk mendorong pemimpin perempuan berkontestasi dalam jabatan-jabatan publik. 

“Nah, kalau ada kesempatan seperti ini, mungkin itu yang menjadi dasar pertimbangan rekan-rekan DPC kabupaten Sleman,” jelas Habiburokhman.

Dengan sederet pertimbangan DPC Gerindra tersebut, Habiburokhman pun menampik bahwa masuknya Erina dalam bursa calon kepala daerah Sleman sebagai bentuk politik balas budi. Apalagi, putri dari mendiang akademisi UGM, Profesor Mohammad Gudono, ini bukan merupakan kader Partai Gerindra meski berdomisili di Sleman.

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi