Minggu, 21/07/2024 - 07:46 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Pengamat: Student Loan Menyelesaikan Masalah dengan Masalah

BANDA ACEH – Pengamat Pendidikan Darmaningtyas mengatakan Student Loan bukan solusi untuk mengatasi kenaikan biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT). Student Loan justru akan menimbulkan masalah yang lebih besar di masa depan.Ia menyatakan kalau lembaga peminjaman mempunyai tagline menyelesaikan masalah tanpa masalah, kalau Student Loan malah sebaliknya.

“Kalau Pegadaian itu tagline-nya menyelesaikan masalah tanpa masalah, tapi kalau student loan ini menyelesaikan masalah dengan masalah baru,” ujar Darmaningtyas dalam wawancara dengan CNN TV yang dikutip pada Jumat (24/5).

Berita Lainnya:
8 Tahun di KPK, Alex Marwarta Akui Gagal Berantas Korupsi: Tak Ada yang Berubah...

Menurutnya, skema pinjaman pemerintah untuk mahasiswa bukan wacana baru. Jauh sebelumnya skema ini pernah dilakukan, tetapi gagal.

“Kita sebetulnya sudah punya pengalaman tahun 80’an itu sudah memperkenalkan namanya kredit mahasiswa atau KMI. KMI ini diperuntukkan bagi mahasiswa tingkat akhir atau sarjana yang akan menyelesaikan studinya. Besarannya waktu itu Rp250 ribu-Rp750 ribu,” jelasnya.

“Nah tapi KMI ini kemudian dihentikan tahun 90an, karena memang gagal. Artinya banyak peminjam tidak mengembalikan,” sambungnya.

Berita Lainnya:
Perlawanan Palestina Menyala, Belasan Tentara Israel Tewas

Ia melihat apabila rencana Student Loan diterapkan, maka nasibnya akan sama dengan sebelumnya. Sebab, tak ada jaminan mahasiswa yang menerima pembiayaan akan mengembalikan dananya.

“Kalau ini diterapkan, saya kira ini juga akan mengalami hal yang sama dengan KMI saat itu,” pungkasnya.

Sebelumnya, sejumlah mahasiswa di perguruan tinggi mengeluhkan dan protes rencana kenaikan UKT. Pasalnya, dengan perubahan ini, dinilai uang kuliah akan semakin tinggi.


Reaksi & Komentar

قُلِ اللَّهُ أَعْلَمُ بِمَا لَبِثُوا ۖ لَهُ غَيْبُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ ۖ أَبْصِرْ بِهِ وَأَسْمِعْ ۚ مَا لَهُم مِّن دُونِهِ مِن وَلِيٍّ وَلَا يُشْرِكُ فِي حُكْمِهِ أَحَدًا الكهف [26] Listen
Say, "Allah is most knowing of how long they remained. He has [knowledge of] the unseen [aspects] of the heavens and the earth. How Seeing is He and how Hearing! They have not besides Him any protector, and He shares not His legislation with anyone." Al-Kahf ( The Cave ) [26] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi