Sabtu, 13/07/2024 - 01:54 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Ada Kabar Buruk Hari Ini Rabu 12 Juni 2024, Semua Warga Indonesia Diminta Harus Waspada

BANDA ACEHBadan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan kabar buruk berupa peringatan dini hujan dengan intensitas sedang hingga lebat untuk sejumlah wilayah di Indonesia pada Rabu (12/6/2024). 

Peringatan ini untuk semua warga yang berada di Bangka Belitung, Banten, Gorontalo, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Maluku, Papua.

Peringatan yang sama juga diberikan kepada Papua Barat, Riau, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, dan Sumatra Utara. 

 BMKG juga memperingatkan risiko hujan lebat di Aceh, Lampung, dan Maluku Utara. 

Sedangkan di Bengkulu dan Sumatra Selatan diperkirakan hujan sedang hingga ringan. Sementara di Jawa Barat dan Kalimantan Barat diperkirakan hujan berpetir. 

 Kemudian, Nusa Tenggara Timur diperkirakan ada angin kencang. 

BMKG sebelumnya juga menyatakan risiko hujan di sejumlah wilayah Indonesia masih tinggi, setidaknya hingga September, meski beberapa wilayah juga sudah mulai memasuki musim kemarau. 

Deputi Meteorologi Guswanto menyebutkan hal tersebut terjadi karena adanya beberapa dinamika atmosfer yang masih aktif di wilayah Indonesia, fenomena Madden Julian Oscillation (MJO), gelombang ekuatorial Rossby, Kelvin, hingga pola sirkulasi siklonik serta potensi pembentukan daerah belokan dan perlambatan angin. 

Kondisi ini bisa menimbulkan dampak cuaca ekstrem kebencanaan hidrometeorologi yang meliputi banjir, banjir bandang, banjir lahar hujan, tanah longsor, dan seterusnya meski pada saat yang bersamaan Indonesia mulai dilanda musim kemarau pada Juni-September 2024


Reaksi & Komentar

إِذْ أَوَى الْفِتْيَةُ إِلَى الْكَهْفِ فَقَالُوا رَبَّنَا آتِنَا مِن لَّدُنكَ رَحْمَةً وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ أَمْرِنَا رَشَدًا الكهف [10] Listen
[Mention] when the youths retreated to the cave and said, "Our Lord, grant us from Yourself mercy and prepare for us from our affair right guidance." Al-Kahf ( The Cave ) [10] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi