Kamis, 18/04/2024 - 21:11 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ACEH

BKKBN Gandeng TPUKP Sosialisasi Akses Modal di Kampung KB Gampong Ulee Lheu

ADVERTISEMENTS

BANDA ACEH – Tenaga Pendamping Usaha Kelautan dan Perikanan (TPUKP) bersinergi dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kota Banda Aceh memberikan sosialisasi Akses Pembiayaan Usaha kepada kelompok ibu-ibu di Gampong Ulee Lheu, Kecamatan Meuraxa, Kota Banda, Rabu, (10/08/2022).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Kegiatan yang berlangsung di gedung PKK Gampong setempat dibuka secara resmi oleh Khairuni dari Kantor BKKBN Banda Aceh diikuti 20 peserta dari kader RDK, Kelompok UPPKA atau sebelumnya disebut UPPKS, dan ibu rumah tangga.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Tim BKKBN Banda Aceh memiliki komitmen yang kuat dalam membantu meningkatkan pendapatan keluarga akseptor melalui kelompok-kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Akseptor (UPPKA). Salah satunya dengan melibatkan Tenaga Pendamping Usaha Kementerian Kelautan dan Perikanan.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Lantik Kepala BPKA, Pj Gubernur: Sukseskan PON XXI dan PSN

Sebagaimana diketahui, Gampong Ulee Lheu memiliki potensi sektor perikanan, wisata, dan perdagangan seperti kuliner. Dengan memberikan sosialisasi dan wawasan tentang modal usaha, diharapkan kelompok ibu-ibu dapat melihat hal itu sebagai peluang untuk meningkatkan pendapatan keluarga.

Saat ini banyak sumber permodalan usaha yang dapat diakses oleh pelaku usaha skala rumah tangga seperti kelompok UPPKA. Selain kredit program pemerintah seperti kredit usaha rakyat (KUR) juga tersedia skim pinjaman usaha mikro non KUR yang ada di pelbagai lembaga keuangan.

Berita Lainnya:
Empat Mahasiswa USK Terpilih Ikuti APIE di Jepang

Wulantari dan Tim TPUKP Aceh Hamdani, Hafidzi, dalam presentasinya menyampaikan jika layanan yang diberikan kepada pelaku usaha perikanan meliputi; akses permodalan, fasilitasi perijinan usaha seperti NIB, penguatan kelembagaan, bimtek usaha, pemasaran dan kemitraan, dan sertifikasi halal/SKP.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Terpenting adalah kelompok tersebut memiliki usaha produktif yang sedang dijalankan dan dikelola dengan baik serta prospek kedepan.

TPUKP siap memberikan pendampingan dan memfasilitasi pelaku UMKM mendapatkan KUR maupun non KUR.

Selain TPUKP, Tim BKKBN, ikut dihadiri para penyuluh perikanan Kota Banda, perangkat Gampong Ulee Lheu, Tuha Peut Gampong (TPG), dan beberapa orang nelayan. (*)

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi