IndonesianArabicEnglishRussianGermanChinese (Simplified)JapaneseTurkish

Profil Yudo Margono, Calon Panglima TNI Menggantikan Jenderal Andika Perkasa

Profil Yudo Margono, Calon Panglima TNI Menggantikan Jenderal Andika Perkasa

BANDA ACEH -Ketua DPR RI Puan Maharani telah menerima surat presiden mengenai calon panglima TNI atas nama Laksamana Yudo Margono, Senin (28/11/2022). 

Diketahui, Jenderal TNI Andika Perkasa bakal pensiun pada 22 Desember 2022 mendatang. Laksamana TNI Yudo Margono, yang kini masih menjabat Kepala Staf Angkatan Laut memiliki rekam jejak panjang dalam dunia militer di indonesia. 

 Yudo Margono, merupakan lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) pada 1998, yang lahir di Madiun, 26 November 1965.  

Lulus dari AAL, Laksamana Yudo Margono melanjutkan pendidikan meliterna ke sekolah Staf Komando AL dan lulus pada tahun 2003.  Tak sampai di situ saja, pada tahun 2011, dia melanjutkan sekolah di Staf Komando Tentara Nasional Indonesia.  

Bahkan, Laksamana Yudo Margono ini juga dikenal giat untuk belajar hingga menimbah ilmu, sehingga dia tidak hanya mengejar pendidikan meliter saja, melainkan pendidikan sipil.  

BACAAN LAIN:
Mahfud Sebut Kejaksaan Agung Sudah Profesional Tangani Kasus KSP Indosurya

Laksamana Yudo Margono lulus tahun 2013 dari S-1 Manajemen Fakultas Ekonomi di Universitas Krisnadwipayana. Selain itu, dia juga menuntaskan Program Pendidikan Reguler Lembaga Ketahanan Nasional. 

Lalu, melanjutkan kembali pendidikan sipil dan lulus dari S-2 di universitas yang sama sewaktu strata satu pada 2015. Karier di Militer Nama Laksamana Yudo Margono, di lingkungan militer memiliki karier cemerlang. 

Bayangkan saja, pada masal awal-awal sebagai TNI AL, Laksamana Yudo Margono sempat menjadi komandan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Pandrong-801, Komandan KRI Sutanto-877, dan Komandan KRI Ahmad Yani-351. 

Pada tahun 2004 – 2008, Laksamana Yudo Margono menjabat sebagai Komandan Pangkalan Angkatan Laut Tual. Lalu, dia dirotasi dan memegang jabatan yang sama di Pangkalan Angkatan Laut Sorong pada 2008 – 2010. 

BACAAN LAIN:
ASEAN Harus Tempuh Banyak Cara Desak Junta Myanmar Berdialog

Nah, pada tahun 2015 -2016, karier militer Yudo Margono mulai melejit, ketika dirinya ditunjuk menjadi Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut I Belawan.  Lalu, dia juga sempat menjadi Kepala Staf Komando Armada RI Wilayah Barat pada 2016 – 2017. 

Sejak saat itu, Yudo Margono mulai menempati posisi-posisi strategis di lingkungan TNI, seperti Panglima Komando Lintas Laut Militer pada 2017 – 2018.  Tak hanya itu saja, pada 2018, dia manjabat sebagai Panglima Armada Barat. 

Kemudian jadi Panglima Armada I pada 2018 – 2019, hingga Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I pada 2019 – 2020.  Di saat tahun 2020 hingga sekarang, Yudo Margono menjabat sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Laut, di bawah pemerintahan Joko Widodo.

0
senang
Senang
0
sedih
Sedih
0
terganggu
Terganggu
0
terkejut
Terkejut
0
parah
Parah
Profil Yudo Margono, Calon Panglima TNI Menggantikan Jenderal Andika Perkasa
Login

Halaman Login/Daftar Harian Aceh Indonesia, jika belum punya akun silahkan buat akun sekarang untuk memanfaatkan keistimewaannya, dan sepenuhnya gratis!