Jumat, 26/04/2024 - 08:23 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ACEH

Pj Walkot Bakri Siddiq Launching Pasar Murah Keliling “Meutaloe Wareh”

ADVERTISEMENTS

BANDA ACEH – Pj Wali Kota Banda Aceh Bakri Siddiq, resmi meluncurkan Pasar Murah Keliling “Meutaloe Wareh” di halaman Kantor Diskopukmdag Banda Aceh, Selasa (14/2/2023).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Pasa murah ini menggunakan minibus modifikasi yang akan keliling menyasar hingga ke pelosok desa untuk menyalurkan empat komoditas utama; beras, minyak goreng, gula, dan telur bagi masyarakat kurang mampu.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Bakri Siddiq menyebutkan, launching operasional mobil pasar murah keliling ini merupakan keberlanjutan program pasar murah tanggap inflasi beberapa waktu lalu.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

“Lewat inovasi ini, kita akan menyediakan bahan kebutuhan pokok yang harganya telah disubsidi oleh pemerintah khusus untuk warga kota, sebagai bentuk kehadiran dan perhatian pemerintah terhadap kondisi ekonomi masyarakat saat ini”.

ADVERTISEMENTS

Mengapa mobil pasar murah keliling ini diberikan nama “meutaloe wareh”? ujarnya, “Karena kami sangat berpegang teguh pada petuah indatu yang mengatakan bahwa ‘ureung Aceh nyoe meutaloe wareh, gaseh meugaseh, bila meubila’”

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

“Berpegang pada petuah tersebut, kami menyakini bahwa di tengah lonjakan harga barang, pemerintah dituntut harus lebih sensitif, peduli, dan mempunyai kebijakan yang menyentuh dan dapat dirasakan langsung oleh masyarakat,” ujarnya.

Berita Lainnya:
26 Tahun Kementerian BUMN, Semen Padang Gelar Pasar Murah, Mudik Gratis dan Bazar UMKM

Oleh sebabnya, program pasar keliling diluncurkan dalam rangka membantu masyarakat mendapatkan barang kebutuhan pokok dengan harga relatif murah dari pada harga pasaran. “Target kami dapat menjangkau masyarakat sampai dengan ekonomi paling bawah,” kata Bakri.

Dengan begitu, daya beli masyarakat dapat meningkat, kestabilan stok dan harga barang pun tetap terjaga sehingga laju inflasi bisa dikendalikan. “Alhamdulillah, berkat kerja keras seluruh jajaran dan kolaborasi dengan stakeholder terkait, Banda Aceh berada on the track dalam menekan laju inflasi.”

Menurut data inflasi year on year yang dikeluarkan oleh BPS, inflasi di Banda Aceh grafiknya terus menurun. Secara berturut-turut dari Juli 2022 hingga januari 2023, inflasi Banda Aceh tercatat 7,5 persen; 6,87; 7,85; 6,92; 6,11; 6 persen dan 5,58 persen pada januari tahun ini.

“Oleh sebab itu, saya sangat optimis, dengan segala sumber daya yang kita miliki, termasuk program pasar murah dan pasar keliling yang kita gencarkan, laju inflasi di Banda Aceh masih bisa kita tekan hingga mendekati target nasional, yakni di bawah lima persen,” ujarnya.

Sementara itu, Kadiskopukmdag Banda Aceh M Nurdin mengatakan, pasar murah keliling merupakan salah satu gagasan pj wali kota sebagai bagian dari strategi pengendalian laju inflasi. “Ini juga bagian dari kegiatan operasinl pasar yabg bertujuan menjaga stabilitas harga dan stok bahan kebutuhan pokok, serta membantu mengurangi beban masyarakat.”

Berita Lainnya:
Pengguna Jalan Tol Sibanceh Meningkat Selama Libur Akhir Pekan

Untuk tahap awal, mobil pasar murah keliling ini akan beroperasi selama lima hari, 13-17 Februari 2023. “Setiap harinya, kita akan menyediakan 700 paket bahan kebutuhan pokok yang terdiri dari 10kg beras, 2 liter minyak goreng, 2kg gula pasir, dan 1 papan (30 butir) telur ayam,” katanya.

Untuk setiap paketnya, Pemko Banda Aceh telah menyubsidi Rp 80 ribu. “Jadi masyarakat berbelanja senilai Rp 250 ribu, namun cukup membayar Rp 170 ribu. Selama lima hari, kita akan mendistribusikan 3.500 sak beras kemasan 10 kg, 7.000 liter minyak goreng, 7.000kg gula, dan 3.500 papan telur. Total nilai subsidi mencapai Rp 280 juta.”

Adapun mobil pasar murah keliling ini akan menyambangi dua desa per hari. “13 Februari kemarin kita sudah ke Gampong Lampulo dan Lambaro Skep, hari ini di Peuniti dan Ateuk Pahlawan, 15 Februari Gampong Jawa dan Peulanggahan, 16 Februari Ceurih dan Lambhuk, dan hari terakhir kita akan hadir di Gampong Alue Naga dan Jeulingke,” ujarnya.[]

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi