Jumat, 10/05/2024 - 08:20 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ACEHEDUKASI

Yarmen Latih Puluhan Wartawan di Aceh Singkil Menulis Dengan Baik

ADVERTISEMENTS

SINGKIL – Puluhan wartawan di Aceh Singkil mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) jurnalistik yang diinisiasi oleh Kabag protokol komunikasi pimpinan (Prokopim) yang dilaksanakan selama dua hari berturut-turut 6 hingga 7 Juni 2023, di Operation Room (Oproom) bupati. Bimtek dengan menghadirkan seorang senior wartawan dari Banda Aceh Yarmen Dinamika.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses ada Pelantikan Direktur PT PEMA dan Kepala BPKS

Pj Bupati Aceh Singkil, Marthunis, membuka acara pelatihan dan menyatakan kepercayaannya bahwa pelatihan jurnalistik akan membantu meningkatkan pengetahuan pemberitaan di Aceh Singkil dalam menyampaikan informasi yang cerdas dan positif kepada publik. Ia berharap para jurnalis dapat mengontrol dan menyampaikan pesan dengan baik kepada masyarakat.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Dia mengharapkan bahwa pelatihan ini akan membantu wartawan Aceh Singkil dalam menghasilkan berita yang cerdas, akurat, dan berdampak positif bagi masyarakat. Ia juga menekankan pentingnya kerja sama antara wartawan dan pemerintah daerah untuk menciptakan lingkungan yang transparan dan akuntabel.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh
Berita Lainnya:
Pj Gubernur Tinjau Pembangunan Bendungan Rukoh Pidie

Dengan mengikuti pelatihan ini, wartawan di Aceh Singkil diharapkan dapat meningkatkan kualitasnya dalam meliput berita serta memberikan informasi yang bermanfaat dan memenuhi standar jurnalistik. “Pelatihan ini juga menjadi langkah awal dalam membangun kolaborasi yang lebih baik antara wartawan dan pemerintah daerah untuk kepentingan publik,”ujarnya.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

Selama dua hari pelatihan, Yarmen, yang merupakan seorang jurnalis berpengalaman dan senior, memberikan materi kepada peserta.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Ia memulai dengan menjelaskan sejarah jurnalistik Eropa, termasuk papan informasi kerajaan pada masa Yunani kuno yang dikenal sebagai Ucta Diurna. Selanjutnya, Yarmen membahas tentang gaya jurnalistik era modern, termasuk konsep 5W1H (Who, What, When, Where, Why, How) dan 3W1H (What, Why, How, When) yang diaplikasikan dalam konteks jurnalistik saat ini.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Dalam konsep Islam Yarmen juga mengungkapkan terinspirasi mengisahkan tentang perjalanan Bahtera Nabi Nuh diatas banjir besar dan memerintahkan seekor burung untuk memantau lokasi daratan untuk melabuhkan kapalnya. Selain itu juga, terinspirasi dengan Surah Yusuf ayat 87 sebagai landasan spiritual.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh
Berita Lainnya:
Aplikasi SPSE Pemerintah Aceh Alami Gangguan

Ia juga mengajak para wartawan untuk terus belajar dalam menulis dan mengembangkan gaya bertutur, karena keahlian tersebut memiliki nilai lebih dalam dunia jurnalistik untuk menghibur pembaca.

“Meski perkembangan teknologi informasi kemampuan konteks kosa kata pemberitaan semakin maju seperti artificial Intelegencia (AI), wartawan tak perlu khawatir jika berkemampuan menulis feature indept dan editor,”ujarnya.

Disisi lain, Bimtek Jurnalistik di Aceh Singkil mendapat respons positif dari para peserta. Mereka mengapresiasi kesempatan untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan baru dalam penulisan berita yang baik dan benar.

“Ini kesempatan yang baik, untuk meningkatkan kapabilitas wartawan, jika ingin menjadi wartawan seutuhnya dengan kecakapan menulis dan komunikasi yang baik,”kata Sahab.

Apalagi, tambahnya, pelatihan ini bisa menjadi suatu jenjang menuju Uji Kompetensi Wartawan (UKW). | HRN

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi