Rabu, 01/05/2024 - 17:14 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Dituding Sebar Hoaks, Butet Kartaredjasa Dilaporkan ke Bareskrim Polri

ADVERTISEMENTS

BANDA ACEH  – Butet Kartaredjasa dilaporkan ke Bareskrim Polri. Hal ini lantaran ia dituding sebar hoaks soal diintimidasi polisi saat gelaran pentas teater di Taman Ismail Marzuki (TIM) beberpa waktu lalu.  Laporan itu dibuat oleh Komunitas Advokat Lingkar Nusantara (Lisan). 

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Waketum Lisan, Ahmad Fatoni menuturkan, pernyataan Butet soal adanya dugaan intimidasi itu merupakan berita bohong.  Sebab, dugaan intimidasi itu telah dibantah oleh pihak kepolisian maupun panitia pelaksana.  

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

“Pernyataan Pak Butet ini sudah diklarifikasi oleh panitia penyelenggara yang dalam hal ini secara langsung mengurus perizinan. 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Bahwa pihak panitia menyampaikan tidak pernah ada intimidasi dari pihak kepolisian,” kata Fatoni kepada wartawan di Bareskrim Polri, seperti dikuti tvOnenews, Sabtu (9/12/2023). 

ADVERTISEMENTS

 “Selanjutnya juga dari Kadiv Humas Polri juga sudah menyampaikan hal yang sama, tidak ada intimidasi dari pihak kepolisian terhadap acara tersebut khususnya kepada Pak Butet,” Sambungnya. 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
PR Besar Pj Gubernur Bustami Hamzah Tuntaskan Persoalan di Aceh

Bahkan dia menilai, pernyataan Butet soal adanya dugaan intimidasi itu sangat menyesatkan.  

Terlebih, sejak gelaran teater dimulai sampai selesai, tidak ada satu masalah pun yang terjadi.  “Jadi, kami menduga ini masuk ke dalam dugaan tindak pidana berita bohong atau hoaks,” pungkasnya.

 Sementara, mengenai pengamanan yang dilakukan pihak kepolisian terhadap gelaran teater tersebut, Fatoni menilai itu merupakan standart tugas maupun tanggung jawab yang semestinya.  Maka dari itu, dia menilai pernyataan intimidasi yang diungkap Butet ini terlalu didramatisir.

 Sebab, intimidasi biasanya identik dengan adanya ancaman. “Kita harus uji dulu, yang dimaksud intimidasi menurut dia itu seperti apa. Kalau yang kita pahami intimidasi adalah bentuk ancaman dan lain sebagainya,” jelasnya. 

Lebih jauh, Fatoni menegaskan, pengaduan terhadap pernyataan Butet soal dugaan intimidasi ini tidak ada muatan politis apapun.  Dia hanya ingin, kasus yang dialami Butet ini dapat menjadi pelajaran bagi semua pihak.  

 “Jadi kami melihat hal ini harus kita laporkan, supaya menjadi pelajaran bagi pihak siapa pun dalam menyampaikan pendapat. Jadi itu saja, nggak ada muatan politis atau apapun,” pungkas Fatoni.  

Berita Lainnya:
Ayah Aniaya Anak Tiri Hingga Tewas di Bandung

Sebelumnya diberitakan, Butet buka suara terkait dugaan intimidasi oleh aparat kepolisian saat pentas teater di TIM, Jumat pekan lalu.  

Menurut dia, sebelum acara berlangsung, dirinya diminta menandatangani surat pernyataan yang menyatakan tak akan bahas unsur Politik selama pentas teater digelar. 

Dia merasa heran karena persyaratan administrasi itu belum pernah ada sejak era Reformasi.  “Itu zaman Orde Baru aja seperti itu,” kata Butet, Selasa 5/12/2023) Butet pun minta staf agar mengurus surat tersebut.

 Pun, dia menuturkan selama pentas berjalan tak ada tindak intimidasi yang dilakukan aparat. 

Tapi, ia mengaku sebelum pentas digelar, ada polisi yang sempat mendatangi lokasi teater.”Ada menurut staf saya, sore hari itu ada polisi nggak tahu dari mana, yang menanyakan ini acara apa lah gitu-gitu,” ujar Butet

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi