Selasa, 07/05/2024 - 12:43 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Gus Yahya Tegaskan Dukung IKN: Sampeyan Mau Jadi Pecundang Selamanya?

ADVERTISEMENTS

BANDA ACEH – Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya menegaskan, dirinya mendukung penuh pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Penajam Paser, Kalimantan Timur.Pernyataan ini disampaikan Gus Yahya saat memberi sambutan di Halaqah Fikih Peradaban “Ijtihad Ulama Nahdlatul Ulama dalam Bidang Sosial-Politik” di Pondok Pesantren Lirboyo, Kota Kediri, Jawa Timur, Kamis (28/12).

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

“Makanya sejak sejak awal saya setuju dengan IKN, maka saya pilih pengukuhan PBNU di Balikpapan untuk mendukung IKN,” kata Gus Yahya disambut tepuk tangan hadirin.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

“Karena inilah, kita mau bagaimana? Sampeyan mau jadi pecundang selama-lamanya? Atau mau kuat? Ini penting gitu dan ini (IKN) luar biasa,” tambah Gus Yahya, masih mendapat sambutan riuh.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Gus Yahya membeberkan mengapa dirinya sangat mendukung pembangunan IKN. Ia menyoroti luas wilayah Indonesia yang terdiri dari ribuan pulau.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

Menurut Gus Yahya, untuk menjaga wilayah Indonesia, dibutuhkan sistem pertahanan terpusat seperti yang dilakukan negara besar.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

“Semua negara besar melakukan itu, Amerika melakukan itu, Inggris, Eropa, Rusia, China, sistem pertahanan yang terpusat harus. Dan supaya punya sistem pertahanan terpusat ini, harus dibangun infrastruktur besar-besaran yang tidak boleh jauh dari ibu kota karena pengendalinya harus kepala negara,” ucap Gus Yahya.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
Hutama Karya Kantongi Laba Bersih Rp 1,87 Triliun untuk 2023

“Makanya Pentagon enggak jauh dari Washington, pusat pertahanan Amerika, kita harus bikin gitu,” tambah dia.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Eks jubir Gus Dur ini lantas menyoroti Kota Jakarta yang menurutnya sudah terlalu padat. Demikian juga dengan Pulau Jawa.

“Persoalannya, kalau ibu kota di Jakarta, pusat pertahanan mau ditaruh di mana? Pusat sistem pertahanan terpusat mau ditaruh di mana? Ndak ada tempat sudah. Jawa ini sudah tidak ada tempat, di mana? Padahal kalau kita enggak bikin, gimana caranya kita mempertahankan Mentawai, Nias, Merauke, dan sebagainya, enggak mungkin,” ucap Gus Yahya.

Gus Yahya mengaku kagum dengan rencana Presiden Jokowi yang ingin memindahkan ibu kota negara. Menurutnya, membutuhkan masukan dari lembaga think tank yang besar untuk mengambil keputusan penting seperti ini.

Ini Pak Jokowi, gini-gini harus dibangun kebijakan ini melalui satu lembaga think tank yang besar, lembaga kajian besar, Pak Jokowi kok tiba-tiba. Saya tanya ini think tank-nya Pak Jokowi mana? Jangan-jangan dapat wangsit,” kata Gus Yahya seraya tertawa.

Berita Lainnya:
Harga Emas Dunia Kembali Capai Rekor Tertinggi Sepanjang Sejarah

Dampak Positif Ibu Kota Negara di Kalimantan

Lebih jauh, Gus Yahya membeberkan beberapa dampak positif jika ibu kota negara berada di Kalimantan.

“Ditempatkan di Kaltim, ini luar biasa, kan di Kaltim, pertama, perbatasan darat kita terpanjang itu di Kalimantan, itu Serawak, Kalimantan Utara, perbatasan dengan Malaysia dan Brunei,” ucap Gus Yahya.

“Kedua, kegiatan ekstraksi sumber daya alam terbesar itu ada di Kalimantan dan dipilih Kaltim dekat dengan laut sehingga ada akses kepada laut. Di situ bisa dibangun pelabuhan ekonomi dan militer besar,” kata Gus Yahya.

“Ini (IKN) luar biasa, saya ndak habis mengerti yang nolak, ini karena ndak paham atau karena ini ndak penting, kita ndak punya pilihan kita mau jaga negara dengan apa?” tutup dia.

Lirboyo Dukung AMIN

Dukungan Gus Yahya terhadap IKN disampaikan di depan sejumlah kiai Lirboyo yang mendukung paslon Anies-Cak Imin (AMIN), antara lain KH Anwar Manshur dan KH Abdullah Kahabihi.

Sementara, paslon AMIN akan mengkaji ulang rencana pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke Nusantara di Kaltim.

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi