Sabtu, 27/07/2024 - 11:55 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ACEH

Menengok Keseruan Peluncuran Kalender Wisata Aceh 2024 dan Sabang Marine Festival

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Anak Nasional 23 Juli 2024 dari Bank Aceh Syariah

HARIANACEH.co.id|Sabang – Kalender event wisata dan budaya Aceh atau Khazanah Piasan Nanggore (KPN) 2024 resmi diluncurkan di Kota Sabang, Provinsi Aceh, Jumat sore, 1 Maret 2024. Dalam KPN tahun ini terdapat 50 event.

ADVERTISEMENTS
Selamat ulang tahun ke-57 Bapak Bustami, S.E., M.Si, Penjabat Gubernur Aceh

Menariknya, peluncuran KPN kali ini langsung ditandai dengan digelarnya Sabang Marine Festival (SMF). Event yang mengusung konsep Community Based Tourism (CBT) yaitu pariwisata berbasis masyarakat itu selama tiga hari ke depan.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Bhakti Adhyaksa 2024

SMF digelar secara kolaborasi antar lembaga yakni Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS), Pemkot Sabang, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh, serta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses atas Perpanjangan masa Jabatan Muhammad Iswanto sebagai Pj Bupati Aceh Besar dari Bank Aceh Syariah

Agenda peluncuran KPN dan Sabang Marine Festival mendapat antusias ribuan masyarakat Sabang yang memadati kawasan Menara Merah Putih. Tak hanya warga lokal, SMF juga turut menjadi magnet wisatawan nusantara dan mancanegara.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah dari Bank Aceh Syariah

“Tujuan Kita bikin event ini untuk mendorong peningkatan ekonomi masyarakat Sabang. PR (pekerjaan rumah) Kami di Sabang ini bagaimana menghadirkan banyak pengunjung salah satunya lewat event, sehingga semakin banyak perputaran uang di Sabang,” kata Pj Wali Kota Sabang, Reza Fahlevi.

Berita Lainnya:
M Nasir Syamaun Dilantik Jadi Ketua KORMI Aceh
ADVERTISEMENTS
Selamat HUT Bhayangkara ke-78 tahun dari Bank Aceh Syariah 2024

Kemeriahan peluncuran KPN dan dihelatnya SMF 2024 turut mendapat apresiasi anggota DPR RI asal Aceh, TA Khalid. Pasalnya, pelaksanaanya digagas secara kolaborasi dengan melibatkan banyak pihak seperti Pemda, kementerian dan pihak Konsulat Jenderal India.

ADVERTISEMENTS
Wifi Gratis untuk Rekening Baru di Bank Aceh Syariah

“Tahun depan event ini harus lebih besar lagi, sehingga Sabang menjadi daya tarik semua orang. Jujur, saya pikir hari ini (semarak pariwasata Aceh) semakin nampak. Dengan adanya acara seperti ini menunjukkan bahwa semangat kita untuk pariwisata sangat luar biasa,” kata TA Khalid.

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh Syariah Salurkan 212 Ekor Hewan Kurban kepada Warga Aceh 2024

Kadisparbud Kabupaten Merauke, Papua Selatan, Benhur Rentandatu mengaku larut dalam eforia yang dirasakan pengunjung SMF. Kehadirannya ke daerah ujung barat Indonesia menambah semangatnya untuk mewujudkan hal serupa di daerahnya.

ADVERTISEMENTS
Sukseskan Hari Indonesia Menabung (HIM) dari Bank Aceh Syariah - 1 Juli 2024

Kata dia, pihaknya berencana menggagas Festival Merauke-Sabang lantaran kedua daerah itu berada di garda terdepan Tanah Air. Bahkan lanjut Benhur wacana itu diperluas dengan turut melibatkan Miangas (pulau paling utara Indonesia) dan Pulau Rote (wilayah paling selatan)

“Semoga nanti ada event tahunan yang bisa kita gagas bersama. Apabila (program) ini bisa kita kolaborasikan, harapanya bisa menjadi event nasional dan bisa kita laksanakan secara bergilir,” ucapnya.

Berita Lainnya:
Pj Wali Kota Sabang Lepas 145 Atlet POPDA ke Aceh Timur

Hari pertama SMF 2024 dimeriahkan dengan tarian kolosal, parade kapal hias dan atraksi flyboard water jet pack. Tak hanya itu, SMF kali ini turut menghadirkan kapal yach dari berbagai negara, seperti Thailand, Amerika, Jerman hingga Malaysia.

“Kedatangan mereka diharapkan bisa ikut menikmati dan mempromosikan potensi wisata dan budaya di Pulau Weh. Ada 8 yach yang sudah datang dan ikut meramaikan SMF 2024,” ungkap Plt Kepala BPKS Sabang, Marthunis.

Hingga Minggu 3 Maret, SMF akan diisi dengan beragam kegiatan menarik, seperti Lomba Pacu Jaloe, Fishing Tournament, Kejuaraan Renang Pesisir, Festival Jajanan Kongsi, Festival Geulayang Tunang, Khanduri Adat Meulaot dan Tiek Jeu, Launching Rumah Nemo, serta coral & coastal clean up.

Rangkaian kegiatan itu juga menggelar lomba balap sepeda Tour de Sabang. Seratusan pesepeda dari berbagai provinsi di Indonesia akan melintasi venue SMF 2024 dengan panjang rute 31,9 kilometer dengan jalur yang menunjukkan wisata bahari Sabang. []

Artikel Menengok Keseruan Peluncuran Kalender Wisata Aceh 2024 dan Sabang Marine Festival pertama kali tampil pada HARIANACEH.co.id.

ADVERTISEMENTS
Bahagia itu Sederhana dari Bank Aceh Syariah


Reaksi & Komentar

وَتَحْسَبُهُمْ أَيْقَاظًا وَهُمْ رُقُودٌ ۚ وَنُقَلِّبُهُمْ ذَاتَ الْيَمِينِ وَذَاتَ الشِّمَالِ ۖ وَكَلْبُهُم بَاسِطٌ ذِرَاعَيْهِ بِالْوَصِيدِ ۚ لَوِ اطَّلَعْتَ عَلَيْهِمْ لَوَلَّيْتَ مِنْهُمْ فِرَارًا وَلَمُلِئْتَ مِنْهُمْ رُعْبًا الكهف [18] Listen
And you would think them awake, while they were asleep. And We turned them to the right and to the left, while their dog stretched his forelegs at the entrance. If you had looked at them, you would have turned from them in flight and been filled by them with terror. Al-Kahf ( The Cave ) [18] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi