Jumat, 17/05/2024 - 13:56 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Soal Suara PSI Melonjak, KPU: Tidak Ada Penggelembungan, Hanya Ketidakakuratan

Soal Suara PSI Melonjak, <a href=KPU: Tidak Ada Penggelembungan, Hanya Ketidakakuratan” border=”0″ data-original-height=”390″ data-original-width=”750″ height=”208″ loading=”lazy” src=”https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjCFx311pVuXLKWhfrJSxGUxDygavlSwL7QFS0IAfKYsMRu8xCsG6-ewR7PHlmqfQWL614YtaDhuTanUq9Z6vpd6ouNyQPiNCiqXGDOa-Jl-JBsj9b1a-MK1WcS7cOycsfhKBkCJjP5FOM188EnmTCurE8v8gTy9pnB-AJ8K7sTIwN-gb26rS5ZU-CUJjYW/w400-h208-rw/mdiob.jpg” width=”400″/>BANDA ACEH –  Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU), Idham Holik membantah tuduhan penggelembungan suara untuk Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Idham menilai kontroversi seputar lonjakan suara PSI belakangan ini disebabkan tidak akuratnya optical character recognition (OCR) dalam membaca hasil formulir C Hasil.Idham menegaskan bahwa platform Sirekap, tempat ditemukannya lonjakan suara untuk PSI, tidak dijadikan dasar yang sah untuk menghitung suara. Ia pun mengimbau kepada para pihak untuk aktif menyampaikan ketidakakuratan yang ditampilkan dalam Sirekap.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

“Tidak ada terjadi penggelembungan suara, yang ada adalah ketidakakuratan teknologi OCR (optical character recognition) dalam membaca foto formulir model C Hasil plano,” kata Idham di Jakarta, Senin (4/3/2024).

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

“Sejak awal, sesuai rekomendasi Bawaslu, bahwa Sirekap harus diakurasi datanya sesuai data formulir model C Hasil Plano dan data itu sedang dalam proses akurasi. Sekali lagi kami sampaikan bahwa hasil resmi perolehan suara peserta pemilu itu berdasarkan rekapitulasi yang dilakukan secara berjenjang,” ujarnya.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses ada Pelantikan Direktur PT PEMA dan Kepala BPKS
Berita Lainnya:
Diajukan Megawati dan Habib Rizieq Shihab ke MK, Ini Pengertian dan Peran Penting Amicus Curiae

Idham menjelaskan, hasil Pemilu 2024 ditetapkan melalui rekapitulasi berjenjang yang dimulai di tingkat kecamatan. Pada tahap awal, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) akan membuka kotak suara berisi formulir C Hasil Plano dan membacakannya satu persatu.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Hasil berupa data perolehan suara yang dibacakan kemudian dimasukkan formulir D Hasil. Formulir D Hasil itu kemudian dicek kembali lalu diunggah ke portal Sirekap.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

“Jadi, hasilnya itu berdasarkan hasil manual,” kata Idham dikutip Kompas.com.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Seiring lonjakan suara PSI, berbagai pihak mempertanyakan dugaan penggelembungan suara dan ketidaksesuaian hasil yang dimasukkan ke Sirekap dengan hasil yang tertulis di formulir C Hasil plano.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Sebelumnya, Ketua Dewan Pimpinan Pusat  Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Achmad Baidowi mempertanyakan perolehan suara partainya yang berkurang dan lonjakan suara partai tertentu. 

ADVERTISEMENTS

Baidowi menyebut anomali penghitungan suara yang ditunjukkan dalam Sirekap memicu keributan. Ia menyoroti lonjakan suara sebuah partai hingga 19 ribu suara hanya dari 127 TPS.

ADVERTISEMENTS

“Itulah kemudian yang kami sebut anomali, maka kami protes kepada KPU, karena pada saat yang sama ada partai-partai yang mengalami kenaikan tidak wajar. Ketidakwajaran, contoh, misalkan, dalam sehari, dari 127 TPS itu ada kenaikan (suara untuk partai tertentu) sekitar 19 ribu suara, itu kan sesuatu yang menurut saya gimana,” kata Baidowi, Minggu (3/3).

Berita Lainnya:
Penampakan Mayat Bayi Terbungkus Paper Bag di Denpasar, Ada Uang Rp 1 Juta dan Surat

“Setelah kita bandingkan di (Formulir) C Hasil salinan, contoh ya, di salah satu desa di Kecamatan Ranuyoso, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, ada satu partai di (Formulir) C Hasil-nya itu satu, tapi di Sirekap menjadi 53. Kalau satu (TPS), oke lah (itu) human error. Tetapi kita lihat lagi di Jawa Barat, ada di Jawa Barat, di Cirebon (Cilegon), itu di Desa Bulakan, Kecamatan Cibeber, TPS 004 itu di (Formulir) C Hasil-nya itu satu suara, tetapi di Sirekap (jadi) 69 (suara),” ujarnya.

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi