Minggu, 16/06/2024 - 10:14 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Pengamat: Starlink Hasil ‘Tukar Guling’ Proyek Ekosistem Mobil Listrik Elon Musk yang Batal Masuk

BANDA ACEH  – Pengamat Teknologi dan Direktur Eksekutif ICT Institute Heru Sutadi menilai, kehadiran perusahaan layanan internet berbasis satelit, Starlink, di Indonesia sebagai hasil dari ‘tukar guling’ dengan proyek ekosistem mobil listrik Elon Musk yang gagal direalisasikan di Indonesia.

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah

“Starlink kan masuk ke Indonesia sebagai tukar guling rencana Elon Musk berinvestasi ekosistem mobil listrik di Indonesia,” ujar Heru saat dihubungi Tribunnews, Selasa (21/5/2024).

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Dilantiknya Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh

Kehadiran Starlink di Indonesia, kata Heru, juga membuka kompetisi baru di layanan internet broadband dimana sebelumnya sudah ada operator seluler dan ISP.

ADVERTISEMENTS
Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah

“Bilamana kompetisi tidak sehat, maka bangkrutnya perusahaan telekomunikasi, baik seluler maupun ISP hanya soal waktu,” kata Heru.

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda

Sehingga pengawasan kompetisi yang sehat harus dijalankan pemerintah dengan baik dan juga perlunya perlakuan yang sama atau equal level playing field antar pemain meski dengan teknologi berbeda

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh
Berita Lainnya:
Sah! Irlandia, Norwegia, Spanyol Secara Resmi Akui Negara Palestina

Selain itu, perlu dipastikan Starlink mengikuti aturan regulasi yang ada. Termasuk misal pusat operasional jaringan (network operation center/NOC) Starlink di Indonesia, perusahaan lokal di Indonesia jelas di mana, siapa penanggung jawab, alamat dan call center.

ADVERTISEMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh

“Karena tidak mungkin kalau ada masalah dengan Starlink kita nunggu Elon Musk datang ke Indonesia,” tambahnya.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh

Keberadaan NOC di Indonesia membuat Undang-Undang Nomor 27 Tahun 2022 tentang Perlindungan Data Pribadi berlaku juga bagi Starlink.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024

Heru juga menyoroti, harus jelas dan ada prioritas bagaimana layanan kesehatan, pemerintahan dan TNI/Polri menggunakan satelit atau teknologi yang dimiliki pemerintah atau lebih bisa dimonitor pemerintah.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses kepada Pemerintah Aceh atas Capai WTP BPK

“Seperti Satria atau Satelit Telkom. Dan dipastikan Starlink hanya memberikan layanan di daerah 3T saja,” tambahnya.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Sebelumnya, Starlink mulai tersedia di Indonesia dan pengguna rumahan sudah bisa memesannya. Kabar mengenai kedatangan Starlink di Indonesia sejatinya telah berhembus sejak tahun lalu.

ADVERTISEMENTS
Bayar Jalan tol dengan Pencard
Berita Lainnya:
AS: Israel Harus Singkirkan Semua Penghalang Bantuan Kemanusiaan

Namun, penggunaannya saat itu masih terbatas. Kini, baik konsumen segmen bisnis atau individu, dapat memesan layanan Starlink di Indonesia. Starlink bisa hadir di Indonesia lantaran perusahaan telah mengajukan beberapa izin untuk beroperasi.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi memastikan akan menciptakan lapangan yang adil antar operator layanan internet, termasuk terhadap perusahaan layanan internet berbasis satelit milik Elon Musk, Starlink.

Menurut Budi Arie, Starlink tetap harus mengikuti aturan yang sama dengan penyedia jasa internet (internet service provider/ISP) dalam negeri. Termasuk, di antaranya adalah membayar Biaya Hak Penggunaan (BHP) Spektrum Frekuensi Radio

“Kita akan memberlakukan Starlink, harus dalam kondisi yang fair. Semua beban harus sama tidak boleh ada keistimewaan,” ujar Budi Arie usai menghadiri acara Mata Lokal Fest di Jakarta Barat, Jumat (17/5/2024).

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ إِنَّا لَا نُضِيعُ أَجْرَ مَنْ أَحْسَنَ عَمَلًا الكهف [30] Listen
Indeed, those who have believed and done righteous deeds - indeed, We will not allow to be lost the reward of any who did well in deeds. Al-Kahf ( The Cave ) [30] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi