Minggu, 16/06/2024 - 14:23 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Kecelakaan Bus Rombongan Study Tour Terjadi Lagi, Kernet dan Guru Pendamping Meninggal

BANDA ACEH  – Kecelakaan maut bus pariwisata kembali terjadi. Dalam waktu hampir bersamaan, ada dua kecelakaan di dua lokasi berbeda. Insiden pertama berlangsung di tol Jombang–Mojokerto pada Selasa (21/5) pukul 23.45.

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Informasi yang dihimpun tim Jawa Pos Radar Jombang, kecelakaan itu menimpa bus yang membawa rombongan siswa SMP PGRI 1 Wonosari Malang. Akibatnya, guru pendamping dan kernet bus meninggal di lokasi kejadian. Lalu, 14 siswa mengalami luka-luka.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Dilantiknya Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh

Kanit 3 PJR Polda Jatim AKP Yudhianto menjelaskan, kecelakaan itu terjadi di wilayah Desa Kedungmlati, Kecamatan Kesamben. Kejadian nahas tersebut bermula saat bus pariwisata Bimorio W-7422-UP berjalan ke arah timur atau di jalur A. Bus itu disopiri Yanto, 32, warga Gembongan, Ponggok, Blitar. ’’Posisi bus dari arah Jogjakarta menuju Malang,” terangnya.

ADVERTISEMENTS
Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah

Sesampai di Km 694.600 A, bus tiba-tiba oleng ke kiri tak terkendali. Hanya dalam hitungan detik, bus menabrak truk nopol N 9674 UH yang mengangkut gerabah. Truk itu disopiri Arif Yulianto, 37, warga Lawang, Malang. ’’Diduga, sopir bus mengantuk hingga busnya oleng dan menabrak bagian belakang truk,” imbuhnya. Akibat tabrakan itu, bodi depan bus hancur dan menancap di bak truk.

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda
Berita Lainnya:
Prancis Dukung ICC Tangkap PM Israel Netanyahu

Dari hasil analisis tim traffic accident analysis (TAA) Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jatim, bus melaju dengan kecepatan tinggi. “Sopir bus sempat tertidur sesaat sebelum kecelakaan,” terang Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Jatim Kombespol Komarudin. 

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

Hal itu terlihat dari jejak rem sepanjang 69 meter sebelum tumbukan kedua kendaraan. Ada juga bekas pengereman sepanjang 188,2 meter sampai akhir kendaraan berhenti.

ADVERTISEMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh

“Hal itu terlihat dalam bukti rekaman CCTV,” terangnya lagi.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh

Sekitar dua jam setelah kejadian itu, kecelakaan bus pariwisata terjadi di Lampung. Dilansir dari Radar Lampung, bus nahas tersebut membawa rombongan peserta study tour dari MIN 1 Pesisir Barat. Kecelakaan terjadi di ruas jalan lintas barat (jalinbar), tepatnya di Pekon Sedayu, Kecamatan Semaka, Kabupaten Tanggamus, sekitar pukul 01.30 Rabu (22/5).

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024
Berita Lainnya:
Tanpa AC atau Kipas, Ini Trik Tidur Nyenyak Saat Suhu Panas

Bus yang mengalami kecelakaan tunggal itu rencananya menuju Bandar Lampung. Bus mengangkut 29 siswa dan 13 guru pendamping. Tidak ada korban jiwa akibat kecelakaan tersebut. Hanya ada 5 penumpang yang mengalami luka berat, 8 orang luka sedang, dan 29 lainnya luka ringan.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses kepada Pemerintah Aceh atas Capai WTP BPK

Dua insiden itu tak berselang lama dari kecelakaan bus Putera Fajar yang menewaskan 11 orang di Ciater, Subang, Sabtu (11/5) lalu. Sembilan di antara korban meninggal adalah siswa SMK Lingga Kencana Depok. Lalu, 1 guru pendamping dan 1 orang lagi merupakan warga setempat.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Sementara itu, pengamat transportasi dari Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Djoko Setijawarno mengungkapkan, penataan ulang bus pariwisata memang terasa lambat. Seharusnya semua pihak bekerja sama agar PO bus diawasi. ”Apalagi, sekarang ini momen liburan,” terangnya

ADVERTISEMENTS
Bayar Jalan tol dengan Pencard

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

قَالَ سَتَجِدُنِي إِن شَاءَ اللَّهُ صَابِرًا وَلَا أَعْصِي لَكَ أَمْرًا الكهف [69] Listen
[Moses] said, "You will find me, if Allah wills, patient, and I will not disobey you in [any] order." Al-Kahf ( The Cave ) [69] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi