Sabtu, 20/04/2024 - 02:32 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ACEH

Public Hearing Gampong Tanjong Selenggarakan Qanun Ketertiban Administrasi, Keuangan, Keamanan dan Adat Istiadat

ADVERTISEMENTS

LHOKSUKON – Gampong Tanjong melaksanakan memfasilitasi pembahasan Rancangan Qanun (Raqan) Gampong Tanjong Kecamatan Murah Mulia ​​di Aula Kantor Camat Murah Mulia, Kamis, (02/03/2023).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Atas dasar kesepakatan Lembaga Tuha Peut dan Penjabat Geuchik Gampong Tanjong, maka lahirlah sebuah Rancangan Qanun Gampong Nomor 1 tahun 2022 tentang Qanun Ketertiban Administrasi, Keuangan, Keamanan dan Adat Istiadat.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Menurut penjabat Geuchik Gampong Tanjong Ibrahim dan Ketua Tuha Peut Abdul Munir, qanun ini sangat diperlukan lahir di Gampong Tanjong mengingat dengan kekhususan Aceh hari ini yang telah melimpahkan 18 hal ke Gampong, maka sangat diperlukan lahirnya qanun ini agar hal-hal yang telah dilimpahkan kewenangannya kepada gampong dapat menyelesaikan setiap persoalan yang timbul seperti soal tatanan kehidupan antara masyarakat, tata tertib pemerintahan dan keuangan gampong maupun adat istiadat yang berlaku.

ADVERTISEMENTS

“Banyak hal selama ini yang berjalan tanpa sedikitpun runutan aturan yang tertuang secara terang dalam qanun tersebut,” ujar Ibrahim.

Berita Lainnya:
PGRI Aceh Besar Gelar Diskusi Wujudkan Sekolah Aman Tanpa Kekerasan

Camat Murah Mulia, Andre Prayuda, ketika membuka kegiatan tersebut mengharapkan agar Raqan yang dibahas itu nantinya akan bermanfaat dan dapat berguna bagi masyarakat. 

“Muspika Kecamatan akan selalu mendukung dan memfasilitasi pembahasan Raqan yang akan menghasilkan qanun terbaik bagi masyarakat dan Muspika berharap juga qanun ini bisa menjadi contoh untuk gampong yang ada di Meurah Mulia, karena qanun ini yang akan menjaga gampong dari hal-hal negatif. Qanun ini kalau bisa harus berjalan dan diterapkan sebaik mungkin,” ungkap Andre.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Diharapkan pula kepada seluruh pejabat instansi terkait, tokoh masyarakat, serta peserta yang hadir dapat memberikan pemikiran dan ide-ide terbaik untuk menyusun pembahasan qanun yang sangat berguna bagi masyarakat tersebut. 

Hadir dalam kesempatan itu, Kapolsek Murah Mulia, Koramil Murah Mulia, Mukim, tuha peut gampong, para imam, para pemuda dan tokoh-tokoh masyarakat Gampong Tanjong.

Berita Lainnya:
OIKN: Desa di Sekitar IKN Akan Berubah Status Jadi Kota

Rancangan qanun yang dibahas tersebut masing-masing Rancangan Qanun Gampong Tanjong Nomor 01 Tahun 2022 tentang ketertiban administrasi, kuangan, Keamanan dan adat istiadat (reusam) Gampong Tanjong.

Dalam pembahasan itu, terungkap bahwa kehadiran qanun di Gampong sangat penting untuk mengatur tata kelola kehidupan dan kemaslahatan masyarakat gampong, baik sisi kehidupan keagamaan, sosial, budaya, adat istiadat, pendidikan, pemanfaatan SDA dan lain sebagainya.

“Oleh karena itu, bila kelak qanun tersebut telah disahkan, maka semua pihak, terutama warga gampong harus mematuhi dan menjalankan aturan seperti yang termaktub dalam qanun tersebut,” sebut Camat Murah Mulia, Andre Prayuda.

Di akhir, dengan adanya public hearing ini, di harapkan agar qanun tersebut nantinya bisa terimplementasi dengan baik dan akan mampu mengatasi permasalahan–permasalahan tekhnis ataupun non tekhnis.

“Sehingga penyelenggaraan qanun bisa optimal dalam rangka meningkatkan kesejahteraan Gampong Tanjong,” tutup Andre.

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi