Selasa, 30/04/2024 - 00:02 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ACEH

Tina: Dibekali JKN Ketika Merantau

ADVERTISEMENTS

MEULABOH – Menjadi anak rantau memiliki tantangan tersendiri, apalagi jika tanpa sanak saudara di tanah rantau. Banyak ujian yang harus dihadapi oleh anak rantau, selain menahan rasa rindu kepada keluarga, momen sakit tanpa ada keluarga juga menjadi momok yang menakutkan.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Hal tersebut diungkapkan Tuti Agustina (21), salah satu mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Teuku Umar yang berada di Kabupaten Aceh Barat.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Dijumpai di sela-sela kunjungannya ke kantor BPJS Kesehatan Cabang Meulaboh dalam rangka tugas kuliah, gadis yang akrab disapa Tina ini menceritakan pengalamannya yang merantau dengan dibekali kartu dari Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) oleh orang tuanya.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

“Hampir 3 tahun saya merantau kesini untuk kuliah dan dari awal memang sudah di bekali kartu JKN sama orang tua untuk jaga-jaga apabila sakit”, ungkap Tina mengawali pembicaraan.

ADVERTISEMENTS

Tina mengakui jika dirinya merasa lebih tenang saat memikirkan bahwa sudah terdaftar sebagai peserta JKN walaupun keluarganya yang lain berada di Kabupaten Aceh Selatan. Bahkan dirinya juga merekomendasikan Program JKN kepada mahasiswa yang lain yang belum terdaftar kedalam program tersebut.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
BREAKING NEWS! Kebakaran Hebat Landa Meunasah Mayang Aceh Besar

“Ada banyak sekali manfaat yang akan didapatkan apabila sudah menjadi peserta JKN selain dapat berobat secara gratis, program ini juga bisa di gunakan untuk jaga-jaga apabila nanti sakit ketika jauh dari orangtua ibaratnya sedia payung sebelum hujan, nah ini sedia JKN sebelum sakit tetapi bukan artinya kita berharap sakit hanya untuk jaga-jaga saja apabila suatu saat tiba-tiba sakit”, jelas gadis kelahiran tahun 2002 tersebut.

Terdaftar sebagai peserta segmen penerima bantuan iuran (PBI), tak mengurangi rasa kagumnya terhadap BPJS Kesehatan selaku penyelenggara Program JKN dan fasilitas kesehatan yang memberikan pelayanan kesehatan kepada peserta JKN. Dijelaskan Tina jika pelayanan yang didapatkan ketika berobat sudah sangat baik dan dirinya merasa puas walaupun tidak berbayar.

“Tahun lalu saya juga sempat di rawat inap karena demam tinggi saat berada di kampung, saat itu pelayanan yang saya rasakan sudah sangat baik karena langsung cepat di tangani oleh petugas medis serta dokter yang bertugas rutin periksa setiap harinya hingga saya sembuh dan diizinkan pulang”, papar Tina.

Dalam kesempatan yang sama, Tina turut mengapreasiasi pelayanan yang diberikan oleh BPJS Kesehatan Cabang Meulaboh, menurutnya mulai dari pertama dirinya menginjakan kakinya di kantor tersebut sudah langsung di sambut baik oleh satpam yang bertugas.

Berita Lainnya:
Pengguna Jalan Tol Sibanceh Meningkat Selama Libur Akhir Pekan

“Pelayanan disini (red:kantor BPJS Kesehatan Cabang Meulaboh) juga sangat luar biasa bagusnya, dari petugas BPJS hingga satpam sangat ramah semua, padahal cuma ingin mengerjakan tugas kuliah tapi jadi nyaman karena pelayanan yang diberikan sangat hangat”, jelas gadis semester 6 ini.

Saat diperkenalkan dengan aplikasi Mobile JKN, Tina langsung tertarik karena merasa Mobile JKN lebih cocok dengan perkembangan zaman saat ini. Diakuinya, Mobile JKN sangat efektif dan mudah digunakan oleh semua kalangan terutama kalangan anak muda yang identic dengan smartphone.

“Kalau disuruh pilih ketinggalan dompet atau ketinggalan HP (handphone), saya lebih pilih ketinggalan dompet karena sepenting itu untuk membawa HP”, ujarnya.

Di akhir percakapan, Tina mengungkapkan harapannya kepada BPJS Kesehatan agar mempertahankan kualitas pelayanan yang telah diberikan selama ini, terutama dengan memberikan pelayanan yang adil secara merata tanpa membeda-bedakan golongan masyarakat.

“Selama yang saya lihat disini tidak ada perbedaan setiap orang yang datang kesini, mau dia kaya atau miskin, datang naik mobil ataupun becak semua dilayani dengan baik oleh BPJS Kesehatan”, tuturnya.[]

Editor : Biro Meulaboh.

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi