Jumat, 19/04/2024 - 16:13 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ACEH

USK Wisudakan 1.623 Lulusan, Ini Pesan Rektor

ADVERTISEMENTS

BANDA ACEH – Universitas Syiah Kuala melalui Sidang Terbuka mewisudakan sebanyak 1.623 lulusan Sarjana, Pendidikan Profesi, Spesialis, Pascasarjana dan Diploma untuk periode Februari-April 2023 di Gedung AAC Dayan Dawood, Banda Aceh, Rabu (24/5/2023).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Rektor USK Prof Marwan dalam sambutannya mengatakan, pada wisuda kali USK melaksanakannya dalam dua hari. Di mana pada hari ini, Rabu, 24 Mei 2023, USK melepas 810 lulusan. Lalu 813 lulusan lainnya akan dilepas, Kamis (25/5/2023) besok.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

“Adapun dari 1.623 lulusan yang diwisuda tersebut, 286 di antaranya berhasil lulus dengan predikat pujian, atau cumlaude,” ucap Rektor.

ADVERTISEMENTS

Selanjutnya, pada wisuda periode kali ini USK juga melepas 4 mahasiswa asingnya yang berasal dari Benua Afrika yaitu negara Gambia. Mereka adalah Oumie Njie dan Essa Garba dari Program of International Law, dan Therese Mendy dari Program Studi Ilmu Politik, yang lulus dengan predikat sangat memuaskan.

Berita Lainnya:
HMP KPI UIN Ar-Raniry Tebar Kebaikan Ramadan Bersama Anak-anak Panti Asuhan

Lalu mahasiswa asing lainnya yaitu Rahmatoulie Bary dari International Accounting Program berhasil lulus dengan predikat cumlaude.

Pada periode sebelumnya, USK juga telah meluluskan 6 mahasiswa asing dengan predikat cumlaude. Dan saat ini, sekitar 80 mahasiswa asing masih menjalankan studinya di USK.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

“Keberadaan mahasiswa asing ini setidaknya menunjukkan USK telah meluaskan kiprahnya, baik di tingkat nasional hingga dunia internasional,” ucap Rektor.

Pada kesempatan tersebut, Rektor mengungkapkan, saat ini kehadiran revolusi industri 4.0 dan digitalisasi telah mengubah banyak hal termasuk dunia kerja. Perkembangan teknologi tersebut, menjadikan banyak pekerjaan telah tergantikan dengan mesin.

Fakta ini menjadi tantangan tersendiri bagi para wisudawan dalam dunia kerja. Meskipun demikian, Rektor menilai kemudahan perkembangan teknologi tersebut justru dapat dijadikan faktor pendorong bagi lulusan untuk berinovasi, dan menjemput kariernya dengan berbagai kreativitas digital.

Berita Lainnya:
Forkopimda Aceh Shalat Ied Bersama Ribuan Jama’ah di Masjid Raya Baiturrahman

Oleh sebab itu, Rektor berpesan kepada wisudawan untuk untuk terus meningkatkan kompetensinya.

“Jangan pernah merasa cukup dengan ilmu yang telah saudara miliki sekarang, teruslah belajar dengan mempelajari hal-hal baru,” ucap Rektor.

Selain itu, lulusan perguruan tinggi juga dituntut untuk mengubah pola pikir mereka dari konservatif menuju pola pikir yang kreatif dan inovatif. USK berupaya mengubah mindset mahasiswa dan alumni, dari tujuan mereka sebagai pencari kerja baru, menjadi pencipta lapangan kerja baru.

Salah satu upaya USK untuk mewujudkan hal ini adalah dengan meluncurkan program 1000 Wirausaha Muda USK pada Maret lalu.

“Karena kami menyakini, jika setiap tahunnya lulusan USK fokus menjadi wirausahawan, maka lapangan pekerjaan akan bertambah. Geliat ekonomi akan tumbuh, pengangguran menjadi berkurang, sehingga Aceh akan menjadi salah satu provinsi sejahtera secara nasional,” ucap Rektor.[]

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi