Minggu, 05/05/2024 - 17:30 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ACEH

PT PBS Kunjungi Food Estate Korem 012 Teuku Umar

ADVERTISEMENTS

MEULABOH – Manajer PT. Potensi Bumi Sakti (PBS) Arsari Group, Ir. Bambang Sebastiar, dan Rudi Hartono Kurniawan, SP, melakukan kunjungan silaturrahmi ke Lahan Food Estate Korem 012/TU Jumat (14/7/23). Kunjungan tersebut disambut langsung oleh Danrem 012TU Kolonel Inf Riyanto, S.I.P.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Danrem memperkenalkan lahan food estate seluas 52 hektar yang sebelumnya merupakan hutan rawa. Lahan ini menerapkan Integrated Farming System yang mengintegrasikan subsektor pertanian, tanaman, ternak, dan ikan untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas sumber daya.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Selain itu, Korem 012/TU juga membangun sekat kanal blocking system untuk menjaga kelembaban, mencegah kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), serta digunakan sebagai keramba ikan dan untuk penyiraman tanaman.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Danrem juga menyampaikan Program I’M Jagong yang digagas oleh Kodam IM untuk mengembangkan lahan jagung seluas 3.000 hektar. Di lahan food estate ini, terdapat 8 Demonstrasi Plot (Demplot) lahan jagung Program I’M Jagong dengan perlakuan yang berbeda-beda, bertujuan untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi pertanian jagung guna mendukung ketahanan pangan dan kesejahteraan petani.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
Danrem 012 Kirim Pasukan Amankan Pulau Terluar di Simeulue

Pengendalian inflasi juga menjadi perhatian utama Danrem, dengan menekankan pentingnya mengubah lahan tidur menjadi lahan produktif untuk memenuhi kebutuhan pangan. Pengembangan perkebunan, pertanian, perikanan, dan peternakan dianggap sebagai langkah-langkah penting untuk menjaga stabilitas ekonomi dan ketersediaan pangan yang cukup bagi masyarakat.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Sementara itu, Manajer PT. Potensi Bumi Sakti (PBS) Arsari Group, Ir. Bambang Sebastiar, memperkenalkan perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan komoditi karet. PT. Potensi Bumi Sakti memiliki HGU seluas 4.100 hektar di Kabupaten Aceh Barat, terletak di empat kecamatan yaitu Woyla Timur, Sungai Mas, Panton Reu, dan Pante Ceurmen. Pabrik perusahaan berada di Desa Gle Siblah Kecamatan Woyla.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
HIMPSI Soroti Peluang Perempuan Jadi Calon Gubernur di Pilkada Aceh 2024

Bambang Sebastiar menyatakan kesiapannya untuk mendukung ketahanan pangan di lahan food estate ini dan merekomendasikan penanaman vanili yang memiliki nilai ekonomi tinggi dan dikenal dengan julukan “mas hijau.” Dia menjelaskan bahwa lahan ini sangat cocok untuk ditanami vanili karena paparan sinar matahari mencapai 60%, yang akan menghasilkan vanili dengan kualitas maksimal.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Dalam pertanian, pentingnya pengolahan tanah yang baik. Salah satu teknik yang digunakan adalah fermentasi anaerob, yang dapat memperbaiki struktur tanah, meningkatkan kandungan nutrisi, dan meningkatkan kesehatan mikroba tanah. Dengan memperhatikan pengolahan tanah yang tepat, sektor pertanian dapat mencapai hasil yang lebih baik dan berkelanjutan.

Selama kunjungan, Manajer PT. Potensi Bumi Sakti (PBS) Arsari Group juga melihat secara langsung berbagai tanaman, ternak ikan lele, sapi, dan komoditas lainnya di Lahan Food Estate Korem 012/TU.[]

Editor : Biro Meulaboh.

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi