Kamis, 16/05/2024 - 21:32 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ACEH

dr. Iman: Kusta Bisa Diobati dan Disembuhkan

HARIANACEH.co.id|Banda Aceh – Kusta bisa diobati dan bisa disembuhkan. Masyarakat dihimbau untuk menghilangkan stigma terhadap penderita kusta.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

Hal tersebut ditegaskan oleh Kabid P2P Dinas Kesehatan Aceh, dr. Iman Murahman, Sp.KKLP, MKM saat ditemui Dinas Kesehatan (Dinkes) Aceh di lapangan Blang Padang, Banda Aceh pada Minggu (4/2/2024).

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Iman saat itu hadir di acara peringatan Hari Kusta Sedunia yang yang diselenggarakan oleh Dinkes Aceh. kegiatan tersebut kolaborasi dengan Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit Indonesia (Perdosi Aceh) dan Dinkes Kota Banda Aceh.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses ada Pelantikan Direktur PT PEMA dan Kepala BPKS

Dalam kegiatan tersebut dilakukan penyuluhan kesehatan tentang penyakit kusta kepada pengunjung Blang Padang. Sejumlah dokter spesialis Kulit yang hadir dilokasi juga ikut membagikan Sun Block dan serum untuk menjaga kesehatan kulit dari paparan panas sinar matahari secara gratis kepada pengunjung. Tim dokter ini juga membuka layanan konsultasi kesehatan kulit secara gratis kepada pengunjung Blang Padang.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
LPSE Aceh Seminggu Error, Fauzan Febriansyah Desak Pj Gubernur Ganti Jajaran BPBJ

“Kusta ini, masyarakat harus tahu bahwa memang bisa diobati dan bisa sembuh. Jadi, jangan kemudian kita menjauhi orang dengan penyakit kusta, kemudian ditelantarkan, tidak diurus oleh keluarga. Itu jangan,” harap Iman.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Iman sangat mengharapkan agar kasus-kasus kusta ini bisa kita obati dengan baik.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

“Pengobatan kusta itu maksimal 12-14 bulan. Satu tahun atau satu tahun dua bulan. Mudah-mudahan kasus kusta ini akan sembuh,” ujar Iman.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Iman juga mengharapkan agar, masyarakat dapat menghilangkan stigma terhadap penderita kusta. Masyarakat juga tidak perlu takut berinteraksi dengan penderita kusta, karena menurutnya penyakit kusta sangat sulit sekali untuk menular.

ADVERTISEMENTS

“Stigma di masyarakat juga harus diperkecil. Apabila ada anggota keluarga yang mengidap penyakit kusta agar bisa didampingi dengan baik sampai selesai pengobatan atau sembuh. Tidak perlu takut, karena penyakit kusta ini sangat sulit sekali menular”, tegas Iman.

ADVERTISEMENTS

Kepada masyarakat Iman meminta apabila menemukan ada bercak putih-putih seperti panu dikulit dan tidak ada rasa, tidak ditumbuhi oleh bulu, tidak ada keringat di daerah tumbuhnya bercak putih-putih tersebut agar dapat segera memeriksakan dirinya ke dokter, agar bisa dilakukan pemeriksaan dan dipastikan apakah itu kusta atau bukan.

Berita Lainnya:
Jelang PON Aceh, Irjen Kemendagri: Sedia Payung Sebelum Hujan

“Jangan takut karena kusta bisa disembuhkan dengan pengobatan yang teratur selama 6 bulan atau maksimal 12-14 bulan. Mudah-mudahan masyarakat dapat teredukasi dengan baik, mengetahui dengan baik tanda penyakit ini, dan bisa langsung ke pusat-pusat pelayanan kesehatan seperti Puskesmas dan juga ke tempat pelayanan-pelayanan kesehatan lainnya atau juga ke dokter spesialis kulit. Di Banda Aceh, masyarakat juga bisa datang ke pusat penyakit kulit yang khusus melayani kusta sehingga kusta ini tidak ada lagi di antara kita masyarakat Aceh,” harap dr. Iman.

Artikel dr. Iman: Kusta Bisa Diobati dan Disembuhkan pertama kali tampil pada HARIANACEH.co.id.

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi