Sabtu, 27/07/2024 - 08:45 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ACEH

dr. Iman: Kusta Bisa Diobati dan Disembuhkan

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Anak Nasional 23 Juli 2024 dari Bank Aceh Syariah

HARIANACEH.co.id|Banda Aceh – Kusta bisa diobati dan bisa disembuhkan. Masyarakat dihimbau untuk menghilangkan stigma terhadap penderita kusta.

ADVERTISEMENTS
Selamat ulang tahun ke-57 Bapak Bustami, S.E., M.Si, Penjabat Gubernur Aceh

Hal tersebut ditegaskan oleh Kabid P2P Dinas Kesehatan Aceh, dr. Iman Murahman, Sp.KKLP, MKM saat ditemui Dinas Kesehatan (Dinkes) Aceh di lapangan Blang Padang, Banda Aceh pada Minggu (4/2/2024).

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Bhakti Adhyaksa 2024

Iman saat itu hadir di acara peringatan Hari Kusta Sedunia yang yang diselenggarakan oleh Dinkes Aceh. kegiatan tersebut kolaborasi dengan Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit Indonesia (Perdosi Aceh) dan Dinkes Kota Banda Aceh.

ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses atas Perpanjangan masa Jabatan Muhammad Iswanto sebagai Pj Bupati Aceh Besar dari Bank Aceh Syariah

Dalam kegiatan tersebut dilakukan penyuluhan kesehatan tentang penyakit kusta kepada pengunjung Blang Padang. Sejumlah dokter spesialis Kulit yang hadir dilokasi juga ikut membagikan Sun Block dan serum untuk menjaga kesehatan kulit dari paparan panas sinar matahari secara gratis kepada pengunjung. Tim dokter ini juga membuka layanan konsultasi kesehatan kulit secara gratis kepada pengunjung Blang Padang.

Berita Lainnya:
Wakil Ketua DPRK Banda Aceh Buka Pelatihan Ekonomi Kreatif Disbudpar
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah dari Bank Aceh Syariah

“Kusta ini, masyarakat harus tahu bahwa memang bisa diobati dan bisa sembuh. Jadi, jangan kemudian kita menjauhi orang dengan penyakit kusta, kemudian ditelantarkan, tidak diurus oleh keluarga. Itu jangan,” harap Iman.

ADVERTISEMENTS
Selamat HUT Bhayangkara ke-78 tahun dari Bank Aceh Syariah 2024

Iman sangat mengharapkan agar kasus-kasus kusta ini bisa kita obati dengan baik.

ADVERTISEMENTS
Wifi Gratis untuk Rekening Baru di Bank Aceh Syariah

“Pengobatan kusta itu maksimal 12-14 bulan. Satu tahun atau satu tahun dua bulan. Mudah-mudahan kasus kusta ini akan sembuh,” ujar Iman.

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh Syariah Salurkan 212 Ekor Hewan Kurban kepada Warga Aceh 2024

Iman juga mengharapkan agar, masyarakat dapat menghilangkan stigma terhadap penderita kusta. Masyarakat juga tidak perlu takut berinteraksi dengan penderita kusta, karena menurutnya penyakit kusta sangat sulit sekali untuk menular.

ADVERTISEMENTS
Sukseskan Hari Indonesia Menabung (HIM) dari Bank Aceh Syariah - 1 Juli 2024

“Stigma di masyarakat juga harus diperkecil. Apabila ada anggota keluarga yang mengidap penyakit kusta agar bisa didampingi dengan baik sampai selesai pengobatan atau sembuh. Tidak perlu takut, karena penyakit kusta ini sangat sulit sekali menular”, tegas Iman.

Berita Lainnya:
Asisten II Sekda Tutup Expo UMKM Aceh 2024

Kepada masyarakat Iman meminta apabila menemukan ada bercak putih-putih seperti panu dikulit dan tidak ada rasa, tidak ditumbuhi oleh bulu, tidak ada keringat di daerah tumbuhnya bercak putih-putih tersebut agar dapat segera memeriksakan dirinya ke dokter, agar bisa dilakukan pemeriksaan dan dipastikan apakah itu kusta atau bukan.

“Jangan takut karena kusta bisa disembuhkan dengan pengobatan yang teratur selama 6 bulan atau maksimal 12-14 bulan. Mudah-mudahan masyarakat dapat teredukasi dengan baik, mengetahui dengan baik tanda penyakit ini, dan bisa langsung ke pusat-pusat pelayanan kesehatan seperti Puskesmas dan juga ke tempat pelayanan-pelayanan kesehatan lainnya atau juga ke dokter spesialis kulit. Di Banda Aceh, masyarakat juga bisa datang ke pusat penyakit kulit yang khusus melayani kusta sehingga kusta ini tidak ada lagi di antara kita masyarakat Aceh,” harap dr. Iman.

Artikel dr. Iman: Kusta Bisa Diobati dan Disembuhkan pertama kali tampil pada HARIANACEH.co.id.

ADVERTISEMENTS
Bahagia itu Sederhana dari Bank Aceh Syariah


Reaksi & Komentar

وَمَا نُرْسِلُ الْمُرْسَلِينَ إِلَّا مُبَشِّرِينَ وَمُنذِرِينَ ۚ وَيُجَادِلُ الَّذِينَ كَفَرُوا بِالْبَاطِلِ لِيُدْحِضُوا بِهِ الْحَقَّ ۖ وَاتَّخَذُوا آيَاتِي وَمَا أُنذِرُوا هُزُوًا الكهف [56] Listen
And We send not the messengers except as bringers of good tidings and warners. And those who disbelieve dispute by [using] falsehood to [attempt to] invalidate thereby the truth and have taken My verses, and that of which they are warned, in ridicule. Al-Kahf ( The Cave ) [56] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi