Sabtu, 27/07/2024 - 05:47 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Jimly Buka Suara soal Cawe-cawe Jokowi ke Anwar Usman: Tidak Ada Bukti

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Anak Nasional 23 Juli 2024 dari Bank Aceh Syariah

BANDA ACEH –  Ketua Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK) Prof. Dr. H. Jimly Asshidiqie, S.H., M.H baru-baru ini buka suara soal putusan MK yang telah meloloskan Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden (cawapres) untuk Pemilu 2024. Diketahui MK yang sempat diketuai Anwar Usman mengabulkan gugatan soal syarat usia capres-cawapres pada Senin, 16 Oktober 2023 lalu. Dalam putusan itu, tertuang bahwa seorang pejabat terpilih melalui pemilu bisa mendaftar sebagai capres-cawapres. 

ADVERTISEMENTS
Selamat ulang tahun ke-57 Bapak Bustami, S.E., M.Si, Penjabat Gubernur Aceh

Putusan tersebut dianggap kontroversial dan bermasalah oleh sebagian besar orang karena telah meloloskan Gibran Rakabuming Raka sebagai cawapres. Selain itu, paman Gibran, Anwar Usman dianggap bermasalah karena mengubah aturan tersebut. 

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Bhakti Adhyaksa 2024

Menanggapi hal itu, MK membentuk sekaligus melantik secara resmi Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK). MKMK ini beranggotakan tiga orang, yaitu Wahiduddin Adams, Jimly Asshiddiqie, dan Bintan R. Saragih. Jimly Asshiddiqie ditunjuk sebagai ketuanya.

Berita Lainnya:
Habib Bahar Ungkap Ada Kiai hingga Habaib yang Kecanduan Judi Online, Siapa Mereka?
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses atas Perpanjangan masa Jabatan Muhammad Iswanto sebagai Pj Bupati Aceh Besar dari Bank Aceh Syariah

Jimly akhirnya buka suara mengenai dugaan campur tangan Jokowi dalam putusan MK yang bernomor 90/PUU-XXI/2023 tersebut. Berdasarkan penelusuran yang telah dilakukan MKMK, Jimly menyebut bahwa tidak ada bukti campur tangan Jokowi dalam putusan ini. 

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah dari Bank Aceh Syariah

“Jadi sebenarnya Jokowi itu tidak ngapa-ngapain tapi orang nafsir sendiri. Misalnya dia kan cukup bagi dia bicara saya tidak akan ikut mempengaruhi, saya netral, tapi orang ga percaya,” ujar Jimly seperti dilansir dari Youtube Katadata Indonesia.

ADVERTISEMENTS
Selamat HUT Bhayangkara ke-78 tahun dari Bank Aceh Syariah 2024

“Pasti orang analisa ini pasti uda cawe-cawe ini apalagi paman sendiri. Kami tidak dapat bukti itu cawe-cawe termasuk uang. Ada informasi katanya dari Setneg dikasih uang segala macam, tidak ada itu. Jadi ini hoaks-hoaks semua,” lanjutnya. 

Berita Lainnya:
Usai Ditangkap Ujang Iskandar Langsung Dijebloskan ke Penjara
ADVERTISEMENTS
Wifi Gratis untuk Rekening Baru di Bank Aceh Syariah

Menurut Jimly, MKMK tidak menemukan adanya bukti yang menyebutkan perintah Jokowi ke Anwar Usman untuk mengabulkan gugatan mengenai batas usia capres-cawapres. Ia menilai bahwa yang dilakukan Anwar Usman atas dasar hubungan keluarga dengan Gibran. 

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh Syariah Salurkan 212 Ekor Hewan Kurban kepada Warga Aceh 2024

“(Pencalonan Gibran) terbentur aturan, itu urusan Om. Tdak mungkin juga (Anwar Usman) disuruh kakak iparnya (Jokowi), nggak. Kita nggak ketemu bukti bahwa itu disuruh itu,” kata Jimly.

ADVERTISEMENTS
Sukseskan Hari Indonesia Menabung (HIM) dari Bank Aceh Syariah - 1 Juli 2024

“Intinya tidak mungkin semua dibuka keluar. Intinya kesimpulan kami, ini pelanggaran etik berat. Tidak ada bukti campur tangan Jokowi, termasuk katanya ada uang berkarung-karung, tidak ada itu,” ujar Jimly. 

ADVERTISEMENTS
Bahagia itu Sederhana dari Bank Aceh Syariah


Reaksi & Komentar

أُولَٰئِكَ الَّذِينَ كَفَرُوا بِآيَاتِ رَبِّهِمْ وَلِقَائِهِ فَحَبِطَتْ أَعْمَالُهُمْ فَلَا نُقِيمُ لَهُمْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَزْنًا الكهف [105] Listen
Those are the ones who disbelieve in the verses of their Lord and in [their] meeting Him, so their deeds have become worthless; and We will not assign to them on the Day of Resurrection any importance. Al-Kahf ( The Cave ) [105] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi