Selasa, 25/06/2024 - 09:56 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

CBA Soroti Wapres Ma’ruf Amin Beli Mobil Ambulan Jelang Akhir Masa Jabatan

BANDA ACEH – Center for Budget Analisis (CBA) sangat menyesalkan Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin melalui sekretariat Wakil Presiden Kementerian Sekretariat Negara memborong dua unit kenderaan roda empat seharga Rp.1.476.633.000“Jenis kenderaan atau mobil yang diborong adalah berjenis Ambulan dan kendaraan operasional, dan Harga masing – masing sekitar Rp.738 juta untuk satu Mobil. Dan hanya bisa bilang Wow mahal banget,” ujar Uchok Sky Khadafi, Direktur CBA di Jakara, Jumat, 10 Mei 2024.

Menurutnya, memborong dua mobil tersebut pada akhir jabatan wakil presiden benar benar tidak masuk akal. Oleh karena itu aksi memborong kendaraan tersebut hanya membebanin anggaran negara alias pemborosan uang negara.

“Padahal selama ini wakil Presiden kyai Ma’ruf Amin sangat bisa berhemat bicara di depan publik, tetapi mengapa tidak bisa berhemat anggaran negara,” paparnya.

Berita Lainnya:
BAP Beredar Bebas di Medsos, Diduga Iptu Rudiana Asal Tangkap Tersangka Kematian Vina?

Ichok juga mengungkapkan, ketika wakil Presiden Ma’ruf Amin melakukan kunjungan ke daerah juga melakukan pemborosan negara. Tetapi model Pemborosan Anggaran negara ini bukan dilakukan oleh dalam internal wakil presiden atau sekretariat Wakil Presiden Kementerian Sekretariat Negara.

“Tetapi kunjungan wakil presiden ke daerah benar – benar lebih banyak mengambil anggaran kas daerah. Atau pemerintah daerah harus menyediakan anggaran daerah untuk pengamanan dan makan – minum yang menguras uang pajak rakyat,” jelasnya.

Pada tahun 2023 ini, sambung Uchok, Pemerintah Jawa Timur melalui biro Umum Provinsi Jawa Timur harus mengeluar sebesar Rp.170.500.000 untuk memborong 800 porsi dalam bentuk Makan dan Minum Prasmanan VVIP, Makan dan Minum Prasmanan VIP, dan Kue-Kue Prasmanan VIP

“800 porsi makan, minuman atau kue – kue dari Gubernur Jawa Timur ini bukan jamuan buat rakyat miskin. Jamuan ini khusus untuk wakil Presiden kyai Ma’ruf Amin di VIP Room Bandara Juanda Pada Tanggal 6 Desember 2023 untuk kepulangan wakil Presiden bersama Ibu wakil Presiden,” tegasnya.

Berita Lainnya:
Komisi III DPR Sebut Ada Pegawai Kominfo yang Bekingi Situs Judi Online

Selain itu, lanjut Uchok, satuan anggaran makanan dan minuman untuk jamuan kyai Ma’ruf Amin untuk satu porsi sekitar Rp.213.125. Dan besaran anggaran untuk satu porsi ini benar benar mahal jika dibandingkan dengan makan dua pisang tak perlu nasi sesuai dengan nasehat wakil Presiden kyai Ma’ruf Amin.

“Selain itu, pemborosan anggaran juga terjadi di Pemkot (pemerintah kota) Bandung. Dimana Pemkot Bandung melalui Sekretariat Daerah harus mengeluarkan anggaran sebesar Rp.24.750.000 untuk Pengamanan VVIP atas kunjungan kerja wakil Presiden kyai Ma’ruf Amin beserta rombongan pada tanggal 16 November 2023,” tandasnya.***


Reaksi & Komentar

وَيُنذِرَ الَّذِينَ قَالُوا اتَّخَذَ اللَّهُ وَلَدًا الكهف [4] Listen
And to warn those who say, "Allah has taken a son." Al-Kahf ( The Cave ) [4] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi