Sabtu, 04/05/2024 - 22:37 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Anies Hanya Kalah Kalau Enggak Nyapres?

ADVERTISEMENTS

OLEH : TONY ROSYID

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

ADA kabar seorang pensurvei ditanya tentang apa yang menyebabkan Anies Baswedan kalah. Ia menjawab: Anies kalah kalau tidak nyapres.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Kabar ini bisa benar, bisa juga salah. Tapi, lihat fakta selama ini, dan juga data yang ada. Anies merupakan kandidat yang secara logika telah memenuhi sejumlah syarat untuk menang.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Anies punya integritas, kapasitas, dan elektabilitas yang tidak kalah dengan kandidat lain. Kalau ada selisih elektabilitas, itu tipis sekali. Sampai di sini, Anies punya syarat untuk berkompetisi. Ini penting, karena tidak akan ada kemenangan tanpa kompetisi.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

Ada sejumlah hal potensial yang membuat Anies peluangnya lebih besar untuk menang. Pertama, Anies punya magnet sosial yang luar biasa. Di mana ada Anies, di situ ada antusiasme dan optimisme massa.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Ini boleh dibilang sebuah ekspektasi yang sangat besar. Inilah yang disebut kharisma atau kewibawaan. Ini bawaan lahir. Orang Jawa bilang: bawaan orok. Para akademisi menyebut taken for granted.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Magnet massa ini berpotensi mempengaruhi persepsi publik bahwa Anies yang dikehendaki rakyat. Ini dapat menarik undecided voters (para pemilih yang belum menentukan pilihan) yang jumlahnya rata-rata di atas 15 persen. Bahkan berpotensi terjadinya swing voters atau pemilih yang beralih ke Anies.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh
Berita Lainnya:
Pemerintah Rencanakan Tarik Iuran Pariwisata Lewat Tiket Pesawat

Kedua, Anies punya track record atau rekam jejak yang marketable. Mudah dijual. Anies punya prestasi di mata dunia Internasional, terlebih prestasi di dalam negeri.

Rekam jejak Anies sejak menjadi Ketua OSIS se-Indonesia, Ketua Senat UGM, memimpin LSM Indonesia Mengajar, dan Turun Tangan, hingga menjadi Rektor Paramadina, lalu Mendikbud, dan terutama prestasi serta penghargaan Anies ketika menjadi Gubernur DKI Jakarta 2017-2022

Ketiga, Anies punya gagasan-gagasan out of the box. Sejumlah gagasan Anies terealisasi di DKI dan sukses memukau rakyat. Jaklingko, Go Green, Formula E, dan JIS (Jakarta International Stadium), transportasi bebas polusi (sepeda dan pejalan kaki), adalah bagian dari terobosan yang banyak mendapat apresiasi.

Keempat, Anies memiliki kemampuan berkomunikasi di atas rata-rata. Public speaking-nya sangat bagus. Video Anies selalu terbesar viewers-nya di antara kandidat-kandidat yang muncul. Singkat, padat dan sangat berbobot.

Tanggal 16 Oktober 2022 Anies tidak lagi menjabat. Pada 11 bulan kemudian, tepatnya 7-13 September 2023, pendaftaran Pilpres dibuka. Sebelas bulan ini menjadi kesempatan yang bisa dimanfaatkan Anies untuk keliling Indonesia.

Dengan kharisma dan kemampuan komunikasinya yang bagus, Anies bisa mengambil suara dari undecided voters dan swing voters. Teriakan “Anies Presiden” mungkin akan menggema di seluruh pelosok Nusantara. Dalam hal ini Anies terlihat sebagai “Hero”.

Berita Lainnya:
Pendeta Gilbert Kembali Dipolisikan Terkait Penistaan Agama

Gagasan out of the box yang menunjukkan tungkat kecerdasan, dan public speaking yang sangat bagus ini juga akan sangat berpengaruh ketika debat capres.

Jika terjadi debat Capres-cawapres 5 kali di pilpres, ini bisa menggiring suara ke Anies. Sebab, saat debat pilpres, mayoritas rakyat menyaksikan dan mendengarkan langsung kemampuan paslon menjawab pertanyaan, mengungkapkan gagasan, dan menggambarkan masa depan bangsa.

Debat di malam hari, pagi harinya akan menjadi santapan hangat rakyat memperbincangkan ya. Hampir semua pemilih membicarakan hasil depat Capres-cawapres. Di warung bicara hasil debat. Di sawah para petani memperbincangkan. Di kantor, apalagi. Pedagang cendol, bakso, dan sayur bertemu di jalan, ngomongin hasil debat. Debat Capres-cawapres akan menjadi perbincangan massal.

Kelima, Anies tipe orang yang detail dan cenderung perfeksionis. Ini akan mempengaruhi kinerja timsesnya dan strategi kemenangan yang dijalankan timses Anies.

Dalam berbagai peristiwa di DKI Jakarta, Anies selalu mampu keluar dari semua penjegalan. Interpelasi, bidikan hukum, provokasi fitnah dan penghinaan, semua mampu dilaluinya. Ini lantaran Anies tipe orang yang cukup perfeksionis.

Semua sisi secara detail dihitungnya sebelum dan saat mengambil keputusan. Termasuk mempersiapkan Plan A, B, dan C-nya. Dari sini, sulit mengalahkan manusia dengan tipologi perfeksionis seperti Anies. Terlalu matang dalam persiapan dan pekerjaan. Sangat terukur.

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi