Sabtu, 27/04/2024 - 04:15 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ACEH

Mahasiswa PPG Prajabatan Menjadi Turis di Komunitas Tersenyum ID Aceh

ADVERTISEMENTS

BANDA ACEH – Terinspirasi dari semangat tutor Komunitas Tersenyum ID Aceh dalam mengembangkan bakat anak, mahasiswa PPG Prajabatan melakukan kunjungan ke komunitas tersebut sebagai Tutor Tamu Inspiratif.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Tutor Tamu Inspiratif (TURIS) merupakan hasil mata kuliah Proyek Kepemimpinan II mahasiswa PPG Prajabatan Universitas Syiah Kuala yang dilaksanakan di Gampong Pasar Indrapuri, Minggu (19/5/2023).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Kegiatan yang bekerja sama dengan komunitas Tersenyum ID Aceh ini dibuka langsung Bapak Subhayni, S.Pd., M.Pd. yang merupakan dosen pembimbing mata kuliah tersebut.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Dalam sambutannya, beliau mengapresiasi kehadiran komunitas Tersenyum ID yang bergerak di bidang pengembangan bakat anak. Menurutnya, pengembangan bakat anak secara khusus selama ini masih jarang diperhatikan.

ADVERTISEMENTS

“Semoga dengan kehadiran para TURIS dapat menjadi inspirasi bagi tutor komunitas ini dalam pengelolaan kelas sehingga anak bisa mengapresiasi karya yang dihasilkan dalam pembelajaran.” imbuhnya.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Jelang PON Aceh, Irjen Kemendagri: Sedia Payung Sebelum Hujan

Selain itu, Muna Azkia selaku perwakilan tutor Komunitas Tersenyum ID mengatakan sangat terharu karena banyaknya pemuda yang ingin meluangkan waktu untuk bertamu ke komunitas tersebut. Terlebih melihat antusias anak dalam belajar meskipun dengan keadaan kelas seadanya.

“Kami bergerak sejak 2020 karena wabah covid, anak-anak harus dikawal dalam belajar. Ketika komunitas ini muncul, mereka seakan menemukan harapan baru untuk semangat belajar meski sekolah sedang ditutup. Kami bergerak hanya dengan balai kecil ini, tanpa modal sepeser pun. Kemudian datang para donatur yang baik hatinya menyemangati perjuangan kami. Begitupun kehadiran kakak-kakak PPG adalah semangat baru bagi kami untuk mengupgrade diri,” ungkap Muna.

Durratul Baidha selaku penanggung jawab kegiatan berharap para mahasiswa yang hadir sebagai TURIS mampu memberikan bayangan pendekatan dalam mengajar berbasis minat dan bakat kepada para tutor komunitas tersebut. Tak hanya itu, para siswa bisa merasakan belajar yang asik dengan guru tamu PPG Prajabatan dengan kesan yang berbeda.

Berita Lainnya:
DPRK Gelar Paripurna Penyampaian Rekomendasi LKPJ Walikota Banda Aceh 2023

Kegiatan ini dimulai pukul 09.00-12.00 WIB dengan rangkaian acara pembukaan, ice breaking, dan mentoring bakat sesuai dengan kelompok masing-masing. Ada dua kelompok yang dibimbing mahasiswa PPG Prajabatan pada kegiatan tersebut, yaitu kelompok bakat menulis dan menggambar.

Saat proses bimbingan, terlihat anak-anak sangat antusias menyimak arahan para TURIS dan mengikuti kegiatan dengan semangat hingga selesai.

Di penghujung kelas, semua kelompok dikumpulkan dan setiap anak memamerkan karyanya dengan bercerita di depan kelas. Setiap anak mendapatkan apresiasi dan hadiah dari karya yang dihasilkan.

“Kami sangat senang kedatangan Kakak PPG USK. Belajarnya sangat asyik hingga aku bisa menulis cerita ini. Terima kasih Kakak PPG USK!” ucap Zahira saat membacakan cerita yang ditulis pada kegiatan itu di depan kelas. Kegiatan ditutup dengan foto bersama dan pembagian hadiah.[]

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi