Kamis, 23/05/2024 - 18:45 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Viral Logo Lama PT KAI Dijiplak Perusahaan Kereta Api Polandia

BANDA ACEH –  Kontroversi mencuat baru-baru ini terkait penggunaan logo oleh perusahaan kereta api dari Polandia yang disinyalir mirip dengan logo lama PT Kereta Api Indonesia (Persero).Melalui unggahan akun media sosial @jalur5, netizen menjadi saksi akan kesamaan logo perusahaan Polandia tersebut dengan logo lama perusahaan BUMN Kereta Api Indonesia.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

Dikutip dari Radar Semarang (JawaPos Grup), Logo keempat yang digunakan oleh PT. KAI sejak tahun 2011 hingga 2020 itu diduga dijiplak oleh sebuah perusahaan kereta api di Polandia.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Logo tersebut memiliki warna jingga dan biru, dan dirancang oleh seniman bernama Farid Stevy Asta, yang terdiri dari garis-garis melengkung dan tanda panah.

Berita Lainnya:
Brigjen Aulia Dwi Nasrullah Pecahkan Rekor Jadi Jenderal TNI Termuda, Ini Profilnya

Perusahaan tersebut, yang dikenal sebagai Public Transport Service (PTS), diduga menggunakan logo lama yang dulunya digunakan oleh KAI hingga tahun 2020.

Menyikapi hal ini, EVP Public Relation KAI, Joni Martinus, menyatakan bahwa pembuatan logo adalah hal biasa bagi sebuah organisasi atau perusahaan untuk memperkuat identitas perusahaan.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

“Pembuatan logo merupakan kebutuhan organisasi. Adanya logo dalam suatu perusahaan berguna untuk mengakomodir bisnis yang dinamis,” terang Joni

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Joni juga menegaskan bahwa pihaknya akan mempelajari lebih lanjut, terutama dalam aspek aturan hukum terkait dugaan penjiplakan logo tersebut.

Berita Lainnya:
BREAKING NEWS: Panggung Kampanye Capres Meksiko Ambruk, 9 Orang Tewas, 50 Luka-luka

“Terkait dugaan kemiripan logo KAI yang lama dengan suatu instansi di Polandia yang dimaksud, akan kami pelajari lebih lanjut dari berbagai aspek aturan yang berlaku,” tutup Joni.

ADVERTISEMENTS

PTS sendiri adalah perusahaan yang menyediakan berbagai layanan perawatan sarana kereta api, termasuk kereta, gerbong, KRL, KRD, lokomotif, dan tram.

ADVERTISEMENTS

Saat ini, PT. KAI menggunakan logo baru yang menampilkan tulisan ‘KAI’ dengan warna oranye dan biru tua. Logo ini memiliki garis yang menyambung ke atas pada huruf A, dan mulai digunakan sejak tanggal 5 Oktober 2020 hingga saat ini.

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi