Jumat, 26/04/2024 - 14:47 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ACEH

Harga Daging Meugang di Aceh Jaya Capai Rp 180 Per Kg

ADVERTISEMENTS

CALANG – Harga daging meugang di Kabupaten Aceh Jaya masih tergolong stabil. Dimana harga daging kerbau dan sapi dijual dengan harga Rp 170 hingga Rp 180 ribu per kilogram (kg).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Kabid Peternakan Dinas Pertanian Aceh Jaya, Dailami, mengatakan harga daging di daerah tersebut masih tergolong stabil, dibandingkan daerah lain yang mencapai Rp 200 ribu per kg.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Baca juga: Dukung Pengelolaan Zakat, Reza Fahlevi Terima Penghargaan BAZNAS Award 2023

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Ia menyebutkan, Pemerintah Aceh Jaya mencatat Meugang pertama tahun ini ada 200 ekor sapi yang disembelih, akibat tingginya permintaan daging di masyarakat.

ADVERTISEMENTS

“Pasca serangan penyakit PMK pada meugang tahun lalu yang menyebabkan minat masyarakat dalam mengonsumsi daging sangat rendah, maka tahun ini sangat berbeda dan kita pastikan aman dikonsumsi, hewan yang disembelih ini juga kita pastikan bebas dari penyakit,” ujar Dailami, Selasa (21/3/2023).

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Pj Gubernur Aceh Lantik Reza Saputra Sebagai Kepala BPKA

Ia mengatakan, berdasarkan persediaan daging ini sudah menjadi kebiasaan oleh para pedagang musiman, hari ini untuk menyediakan daging-daging berkualitas dari hewan-hewan ternak lokal.

Baca juga: Bereh! USK Peringkat Tiga Kampus Terbaik di Indonesia

“Meski ada pedagang yang menyembelih hewan ternak mulai dari senin hingga selasa namun harga di Aceh Jaya tetap masih berkisar Rp170 ribu hingga Rp180 ribu/kg, kita pastikan sama, karena kita tidak memiliki hewan impor, semua hewan kita stock dalam daerah, paling hanya pindah antar kecamatan saja,” kata Dailami.

Menurutnya, persediaan hewan ternak di Aceh Jaya masih cukup untuk menutupi kebutuhan pasar dan permintaan daging di masyarakat.

Sementara itu, seorang penjual di pusat perdagangan daging, Fauzi D, mengatakan biasanya pada hari meugang pertama, harga daging segar dibandrol Rp 150 ribu sampai Rp 160 ribu per kg jika sudah menjelang siang dan sore hari.

Berita Lainnya:
Wakili Pj Gubernur Aceh, Iskandar Hadiri Undangan Peresmian Masjid Budhe Aqsa

“Daging ini kalau masih baru dipotong mahal sebab masih sangat segar. Kecuali udah menjelang siang baru mulai turun sedikit,” tutur Fauzi, salah satu pedagang daging di Pasar Keude Panga.

Adapun pelaksanaan tradisi meugang kali ini sama dengan tahun sebelumnya, dimana Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya mengeluarkan imbauan ihwal proses pemotongan daging.

Agar proses pemotongan dan penjualan daging tetap harus menjaga kebersihan dan memastikan kesehatan hewan ternak dan menjaga steril kualitas daging.

“Usai serangan penyakit PMK yang melanda di seluruh Indonesia tahun lalu menjadi perhatian khusus bagi Pemerintah Aceh Jaya untuk menjaga kenyamanan dan kesehatan masyarakat,” ujarnya.[]

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi