Jumat, 17/05/2024 - 21:37 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ACEH

KIP Banda Aceh Gelar Sosialisasi Pemilu, Pj Wali Kota Sampaikan Sejumlah Pesan

HARIANACEH.co.id|Banda Aceh – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Banda Aceh menggelar rapat koordinasi, sosialisasi, pendidikan pemilih dan kampanye Pemilu tahun 2024 bersama aparatur gampong.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

Kegiatan yang diikuti oleh seluruh keuchik, tuha peut dan ketua pemuda dari 90 gampong (desa) di Banda Aceh ini dibuka secara resmi oleh Pj Wali Kota Banda Aceh, Amiruddin di Hotel Permata Hati, Blang Oi Banda Aceh, Kamis (11/1/2024).

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Pj Wali Kota mengajak seluruh peserta yang notabene merupakan tokoh masyarakat di gampong masing-masing dapat mengambil peran dalam rangka menyukseskan Pemilu yang adil dan demokratis.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses ada Pelantikan Direktur PT PEMA dan Kepala BPKS

Kata Amiruddin, peran aparatur desa dalam menyukseskan pelaksanaan Pemilu sangatlah penting. Ia menekankan bahwa aparatur desa memiliki peran strategis dalam membantu masyarakat memahami pentingnya hak suara dan proses demokrasi.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

“Aparatur gampong (desa) memiliki peran besar dalam membimbing masyarakat untuk turut serta aktif dalam pemilihan umum,” ujar Amiruddin.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Selain itu, Amiruddin juga mengingatkan agar proses Pemilu berlangsung dengan tertib, aman, dan damai. Karenanya diperlukan kerjasama antara semua pihak, termasuk aparatur desa, untuk menciptakan situasi yang kondusif selama masa pemilihan.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
Kapolda Aceh Irjen Achmad Kartiko Terima Audiensi Direksi Bank Aceh Syariah

Tak hanya itu, dalam kesempatan ini Amiruddin mengajak seluruh peserta bersama-sama memahami signifikansi pendidikan pemilih terhadap kualitas demokrasi. Menurutnya, pendidikan pemilih bukan hanya mengenai proses pemilihan itu sendiri, tetapi juga membentuk warga negara yang cerdas, kritis, dan memiliki kepedulian terhadap kehidupan berdemokrasi.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

“Dengan pemilih yang teredukasi, kita dapat menjamin Pemilu yang bermutu dan sesuai dengan aspirasi masyarakat,” kata Amiruddin.

ADVERTISEMENTS

Terkait dengan pilihan politik, ia mengatakan sangat penting sekali untuk saling menghormati perbedaan.

ADVERTISEMENTS

“Pemilu adalah wadah untuk mengekspresikan hak pilih masing-masing individu, dan keberagaman pilihan politik harus dianggap sebagai kekayaan, bukan sebagai pemicu konflik,” ujarnya.

Karenanya, ia mengajak semua pihak bersama-sama membangun budaya politik yang menghargai perbedaan dan mengutamakan dialog.

Tak lupa, Amiruddin juga mengajak seluruh keuchik, tuha peut dan ketua pemuda gencar melakukan sosialisasi dalam meningkatkan partisipasi masyarakat pada Pemilu nanti. Katanya, langkah tersebut diambil sebagai upaya untuk memastikan setiap warga dapat ikut serta dalam menentukan arah dan masa depan demokrasi.

Berita Lainnya:
Aplikasi SPSE Pemerintah Aceh Alami Gangguan

Sebagai informasi, pada Pemilu 2019 lalu tingkat partisipasi pemilih pada di Banda Aceh berada di angka 78,67 persen.

“Tentu kita berharap dengan peran aparatur desa dan seluruh stakeholder, tingkat partisipasi masyarakat akan meningkat,” harap Amiruddin.

Informasi dari Ketua KIP Banda Aceh Yusri Razali, menghadapi Pemilu 2024 pihaknya telah menetapkan 618 TPS di 90 gampong.

Berbagai tahapan Pemilu telah dirampungkan dan untuk pesta demokrasi kali ini, KIP menargetkan partisipasi pemilih mencapai 80 persen.

Usai pembukaan, kegiatan ini dilanjutkan dengan sesi diskusi dimana KIP menghadirkan Dandim 0101/KBA Letkol Czi Widya Wijanarko, Kapolresta Banda Aceh yang diwakili Wakapolresta AKBP Satya Yudha Prakasa dan Ketua Panwaslih Banda Aceh Eli Safrida sebagai narasumber.[]

Artikel KIP Banda Aceh Gelar Sosialisasi Pemilu, Pj Wali Kota Sampaikan Sejumlah Pesan pertama kali tampil pada HARIANACEH.co.id.

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi