Jumat, 03/05/2024 - 09:55 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Polisi Minta Kampus Buat Testimoni untuk Jokowi, ISESS: Ada Upaya Terstruktur dari Atas

ADVERTISEMENTS

BANDA ACEH –  Pengamat Kepolisian dari Institute for Security and Strategic Studies (ISESS) Bambang Rukminto menilai ada upaya terstruktur dari atas yang menggerakkan pihak kepolisian meminta kalangan akademisi untuk membuat video testimoni terkait kinerja positif Presiden Joko WIdodo.Hal tersebut disampaikan oleh Bambang Rukminto dalam Sapa Indonesia Pagi KOMPAS TV, Jumat (9/2/2024).

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

“Kalau kemudian kepolisian meminta kepada beberapa kampus untuk membuat testimoni tentunya juga tidak bisa dilihat secara naif gitu loh,” kata Bambang.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

“Dan saya melihat secara umum apa yang dilakukan di Semarang ini tidak tidak tunggal ya, tentu bukan menjadi improvisasi dari kepala satuan wilayah di Semarang karena ini juga massif di banyak kampus di luar Semarang. Artinya memang ada upaya secara struktur dari atas.”

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Cegah Pendatang, Pemprov DKI Harus Informasikan Minimnya Peluang Kerja
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Apalagi, lanjut Bambang, di institusi kepolisian masih sangat kental dengan budaya hirarki yang semuanya harus siap dengan perintah atasannya.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

“Di kepolisian kita masih sangat kental dengan hal-hal dan budaya hirarki, yang semuanya siap sendiko dawuh pada atasannya, ada jargon Satya Haprabu, setia pada negara dan pimpinan, tapi ini dipahami sebagai setia kepada pimpinan, setia pada atasan,” ucap Bambang.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

“Dan makanya tadi sudah saya sampaikan bahwa ini tidak tidak berdiri sendiri dan kepolisian dengan langkah-langkah yang sangat naif ya, kalau saya melihatnya seperti itu, dengan masuk ke ranah ranah Politik dalam pemilu ini, ini menunjukkan ketidakdewasaan kepolisian menempatkan posisi politiknya di struktur kenegaraan kita.”

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
Puluhan Mahasiswa Ditangkap Kepolisian Texas Buntut Demo Anti Israel, Wartawan Dibanting dan Diusir

Atas dasar itu, Bambang pun menilai kepolisian professional yang dicita-citakan dalam gerakan reformasi sudah menjauh dari harapan.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

“Kepolisian di bawah presiden ini ternyata rentan untuk ditarik-tarik menjadi alat politik dari kekuasaan, makanya ini harus menjadi bahas evaluasi semua pihak terkait dengan posisi Kepolisian ini,” ujar Bambang.

“Tugas kepolisian tentunya memang menjaga Kamtibmas ini, membuat video-video apresiasi yang sebenarnya adalah tugas-tugas kehumasan, kalau pun kemudian presiden yang meminta ya ini tugasnya dari humas Presiden sepertinya itu, bukan kepolisian,” ujar Bambang.

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi